Jurusan Kuliah Bidang Soshum Paling Banyak Dibutuhkan Perusahaan BUMN, Ini Daftarnya

Selasa, 26 September 2023 - 11:14 WIB
loading...
Jurusan Kuliah Bidang Soshum Paling Banyak Dibutuhkan Perusahaan BUMN, Ini Daftarnya
Salah satu jurusan yang berpeluang besar diterima kerja di BUMN adalah Enomomi dan Bisnis. Jurusan ekonomi-bisnis untuk mengisi posisi corporate finance, pemasaran, atau pengembangan bisnis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini jurusan kuliah bidang sosial dan hukum yang paling banyak dibutuhkan perusahaan BUMN. Bekerja di BUMN menjadi dambaan banyak pencari kerja. Selain berstatus sebagai PNS, gaji besar yang diterima pegawai BUMN menjadi sejumlah faktor kenapa bekerja di BUMN selalu manjadi incaran.

Selain membutuhkan seleksi, untuk bekerja di BUMN juga memiliki kualifikasi tertentu, salah satunya riwayat pendidikan atau dengan kata lain latar belakang pendidikan ketika kuliah. Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan khusus membahas jurusan kuliah bidang sosial dan hukum (Soshum) yang banyak dibutuhkan perusahaan BUMN.

4 Jurusan Kuliah Bidang Sosial dan Hukum (Soshum) yang Banyak Dibutuhkan Perusahaan BUMN

1. Ekonomi dan Bisnis


Setiap perusahaan BUMN pasti banyak membutuhkan jurusan kuliah ini untuk mengisi posisi corporate finance, pemasaran, atau pengembangan bisnis.Rumpun ekonomi dan bisnis sangat cocok untuk bekerja di BUMN, sebab memiliki jenjang karier yang sangat menjanjikan.

2. Ilmu Psikologi, Administrasi Niaga/Bisnis


Ilmu Psikologi dan Administrasi Niaga/Bisnis ternyata masuk dalam jajaran jurusan kuliah soshum yang paling dibutuhkan di BUMN. Posisi mereka bisa menempati pada divisi HR atau general affairs. Sebagai bahan informasi, proses alur seleksi BUMN dimulai dari seleksi administrasi, tes kemampuan dasar, tes kemampuan bidang, interview, medical check up.


3. Ilmu Komunikasi dan Desain


Jangan salah, ilmu komunikasi dan jurusan desain tak hanya bisa berkarier di perusahaan swasta. Jurusan kuliah ini juga paling dibutuhkan di BUMN, dengan posisi sebagai divisi corporate secretary, komunikasi corporate atau CSR perusahaan BUMN.

4. Ilmu Hukum


Lulusan ilmu hukum juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan BUMN loh, tak hanya sebagai jaksa atau pengacara saja. Posisi yang bisa diisi oleh lulusan ilmu hukum yakni divisi corporate legal, portofolio, hingga bidang SDM. BUMN bagi lulusan baru bisa terkesan lebih formal dan kaku serta mengikat, namun lingkungan kerja lebih stabil.

Perkiraan Rata-rata Gaji yang Diterima Pegawai Baru (Fresh Graduate) Beberapa BUMN:

• Pelindo : Rp7 juta

• PLN : Rp6-7 juta

• Bank BTN : Rp6-8 juta

• Telkom Indonesia: Rp7-8 juta

• Pertamina: Rp8 juta
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2294 seconds (0.1#10.140)