Program Pengabdian Masyarakat, Vokasi UI Gelar Workshop Pijat Bayi di Serang

Rabu, 27 September 2023 - 11:26 WIB
loading...
Program Pengabdian Masyarakat, Vokasi UI Gelar Workshop Pijat Bayi di Serang
Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa workshop pijat bayi di Desa Bunihara, Serang, Banten. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dosen Program Studi Fisioterapi, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) mengadakan pengabdian masyarakat di Desa Bunihara, Serang, Banten pada Sabtu, 23 September 2023.

Kegiatan pengabdian masyarakat itu berupa penyuluhan dan workshop mengenai pentingnya stimulasi taktil berupa rangsang melalui sentuhan dan tekanan yang berfungsi melatih indra peraba (baby massage) untuk maksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak .

Ketua Tim Pengabdi Vokasi UI Mita Noviana mengharapkan dengan adanya workshop ini masyarakat dapat lebih memahami pentingnya stimulasi pada anak yang dapat dilakukan orangtua untuk anaknya berupa stimulasi taktil dalam bentuk baby massage.

Baby massage atau pijat bayi sangat banyak manfaatnya salah satunya membantu bayi lebih rileks, sehingga menurunkan stres dan tekanan yang menunjang produksi imun tubuh pada bayi. Selain itu juga bisa meningkatkan ikatan orang tua dan anak.

"Kolaborasi masyarakat dan perguruan tinggi, khususnya UI, melalui peran para akademisinya yang memiliki kepedulian terhadap kesehatan anak untuk mengoptimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (26/9/2023).



Kegiatan penyuluhan dan workshop Program Pendidikan Vokasi UI kali ini meliputi penyuluhan tentang pentingnya stimulasi taktil dengan baby massage kepada para kader dan warga.

Dilanjutkan workshop baby massage yang melibatkan kader secara langsung. Diharapkan dengan latihan secara langsung menggunakan boneka dan anak secara langsung, kader dan orangtua dapat mempraktikannya secara langsung kepada anaknya di rumah.

Salah satu peserta workshop, Jumenah yang merupakan kader Posyandu Melati, Serang mengatakan, dirinya sangat senang atas kegiatan yang baru pertama kalinya penyuluhan dan pelatihan baby massage untuk anak ini. "Saya juga berharap agar kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan ke depannya dan berkelanjutan, agar dapat meningkatkan pengetahuan kami," katanya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5766 seconds (0.1#10.140)