5 Prospek Kerja Menjanjikan Jurusan Teknik Sipil yang Tak Melulu Bangun Proyek Infrastruktur

Senin, 02 Oktober 2023 - 13:00 WIB
loading...
5 Prospek Kerja Menjanjikan Jurusan Teknik Sipil yang Tak Melulu Bangun Proyek Infrastruktur
Lulusan teknik sipil tak hanya berpeluang besar kerja yang berkaitan dengan pembangunan sebuah proyek, namun juga bisa merambah peluang kerja lain yang cukup luas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini prospek kerja menjanjikan lulusan jurusan kuliah Teknik Sipil selain membangun proyek. Prospek karier adalah salah satu hal penting yang dipertimbangkan ketika menentukan jurusan kuliah. Setiap jurusan kuliah memiliki prospek karir yang berbeda-beda, begitu juga dengan Teknik Sipil.Karena itu ketepatan memilih jurusan kuliah bisa berakibat ke masa depan seseorang.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengambil jurusan Teknik Sipil, jangan khawatir karena peluang kerja untuk lulusan ini cukup luas dan sangat prospektif. Terlebih, saat ini Indonesia masih membutuhkan sumber daya untuk membangun berbagai infrastruktur, mulai dari jembatan, jalan raya, dan sebagainya.

Tapi perlu diingat, lulusan teknik sipil tak melulu hanya bisa berkarier dalam pembangunan proyek infrastruktur tertentu.Lulusan teknik sipil juga berpeluang besar berkarier di banyak tempat yang tak ada hubungannya dengan membangun proyek. Lalu di mana saja? Artikel kali ini akan membahas peluang kerja lulusan teknik sipil selain bidang pembangunan infrastruktur atau pembangunan proyek

5 Prospek Kerja Menjanjikan Jurusan Teknik Sipil Selain Bangun Proyek


1. Konsultan Konstruksi


Memberikan saran dan arahan dalam proses pembangunan, mulai dari ide desain hingga teknik pembangunan. Biasanya proyek yang dijalankan adalah proyek jembatan, tol, saluran pipa, dan sebagainya.

2. Pegawai Pemerintahan/BUMN


Lulusan Teknik Sipil bisa bekerja di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah maupun Nasional, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selain itu lulusan jurusan ini juga terbuka untuk berkarier di PLN dan Telkom Indonesia.

3. Insinyur Sumber Daya Perairan


Saat ini banyak sekali proyek pembangunan yang mengutamakan sistem saluran air dan kualitas air yang baik.

4. Pengawas Konstruksi dan Bangunan


Bekerja memeriksa bangunan secara keseluruhan mulai dari pengecekan fisik, pengecekan sistem kelistrikan saluran air.

5. Analisis Kontrol Kualitas


Seorang Analisis Kontrol Kualitas bekerja untuk menguji dan menentukan kualitas bahan baku dan suatu produk tertentu. Ini sangat diperlukan untuk mengecek kualitas komponen alat bangunan.


Keuntungan Memilih Jurusan Teknik Sipil

1. Peluang Kerja Sangat Luas

Jurusan Teknik Sipil menawarkan peluang karier yang sangat luas. Dalam bidang ini, kamu dapat bekerja sebagai insinyur sipil, manajer proyek, ahli struktur, atau bahkan membuka praktik mandiri.

2. Lulusannya Rata-Rata Kantongi Gaji Besar

Salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik dengan jurusan Teknik Sipil adalah gaji yang tergolong tinggi untuk profesi terkait. Profesi mereka yang berkaitan dengan proyek besar, memberikan penghasilan yang baik, terutama bagi mereka yang memiliki pengalaman dan keahlian yang mendalam dalam bidang ini.

3. Banyak Tantangan Menarik


Jurusan Teknik Sipil menawarkan tantangan yang menarik bagi para pencari petualangan. Kamu akan terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung pencakar langit, atau jalan tol. Menghadapi tantangan ini akan memberimu kepuasan tersendiri dan kesempatan untuk terus mengembangkan keterampilan teknis dan pemecahan masalahmu.

4. Berkontribusi Besar untuk Infrastruktur

Sebagai insinyur sipil, kamu akan berperan dalam membangun dan memperbaiki infrastruktur yang penting bagi masyarakat.
Kamu akan berkontribusi dalam pembangunan jalan, jembatan, sistem drainase, dan bangunan lainnya yang sangat berdampak pada kehidupan sehari-hari.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4033 seconds (0.1#10.140)