Kerja Sama Pendidikan, TGB: Anak Muda Riau Sangat Antusias Belajar di Universitas Al-Azhar

Senin, 02 Oktober 2023 - 14:40 WIB
loading...
Kerja Sama Pendidikan, TGB: Anak Muda Riau Sangat Antusias Belajar di Universitas Al-Azhar
Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) TGB M Zainul Majdi (kanan) mengatakan anak muda di Provinsi Riau sangat antusias melanjutkan pendidikan di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Foto/Danandaya Arya Putra
A A A
JAKARTA - Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) TGB M Zainul Majdi mengatakan anak muda di Provinsi Riau sangat antusias melanjutkan pendidikan di Universitas Al-Azhar Kairo. Oleh karena itu, pihaknya menyambut baik kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam satuan pendidikan.

Penandatangan kerja sama itu dilakukan di kantor Badan Penghubung Provinsi Riau, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur pada Senin (2/10/2023). Turut hadir Gubernur Riau, Syamsuar.

"Anak-anak muda Riau memang sangat bersemangat untuk mempelajari wawasan keislaman yang baik khususnya di Al-Azhar. Itu sangat penting karena ke depan bangsa kita memang membutuhkan anak anak muda yang memiliki wawasan keagamaan yang baik," ucap TGB.



TGB menerangkan, dalam kerja sama ini nantinya calon mahasiswa akan mendapatkan pelatihan bahasa arab sebelum masuk ke Universitas Al-Azhar Kairo. Hal itu dilakukan guna memberikan akses kemudahan bagi calon mahasiswa.

"OIAA bersama pemerintah provinsi menandatangani kerja sama untuk pengembangan wawasan ke Islam dan penyiapan anak muda Riau yang akan belajar di Al-Azhar agar memiliki latar belakang penguasaan bahasa arab dan juga wawasan keislaman yang moderat yang bisa bekal belajar di Al-Azhar nanti," ucapnya.

Sementara itu, Syamsuar mengaku sangat senang dengan adanya kerja sama ini, sebab minat anak muda Riau untuk berkuliah di Al-Azhar sangat tinggi. Pada tahun 2022 terdapat 252 anak muda Riau yang berkuliah di Al-Azhar Kairo baik di tingkat S1, S2 maupun S3.

"Karena itulah minatnya begitu besar kami perlu pahami meningkatkannya, tentunya berkaitan wawasan agama islam dan sekaligus penguasaan mereka dengan bahasa Arab, oleh karena itu kerja sama ini memudahkan anak anak kita belajar di sana," Syamsuar.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3659 seconds (0.1#10.140)