Daftar 10 Universitas yang Memberi Gelar Honoris Causa kepada Megawati, Terbaru dari UTAR Malaysia

Selasa, 03 Oktober 2023 - 11:23 WIB
loading...
Daftar 10 Universitas yang Memberi Gelar Honoris Causa kepada Megawati, Terbaru dari UTAR Malaysia
Megwati Soekarnoputri saat menerima gelar doktor kehormatan dari Universiti Tun Abdul Rahman (UTAR), Malaysia. Foto/ANTARA FOTO/Monang Sinaga/tom.
A A A
JAKARTA - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri hingga saat ini berhasil memiliki 10 gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa (HC) dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Terbaru gelar HC diberikan kepadanya dari Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), Selangor, Malaysia.

Gelar Doktor Kehormatan atau Doctor Honoris Causa adalah gelar kehormatan yang diberikan oleh suatu perguruan tinggi kepada seseorang yang dianggap telah memberikan jasa dan atau berkarya luas biasa bagi ilmu pengetahuan dan manusia.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanti menyebutkan, gelar doktor kehormatan yang diberikan kepada Ketua Umum PDIP itu adalah gelar doctor honoris causa yang kesepuluh yang diberikan kepada Megawati.

Baca juga: Megawati Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari UTAR Malaysia

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 10 universitas yang memberikan gelar doktor kehormatan kepada Megawati Soekarnoputri.

1. Waseda Tokyo


Pada September 2001, Megawati memperoleh gelar doktor kehormatan yang pertama yang diterima oleh Megawati. Kala itu dia menerima gelar doktor kehormatan bidang hukum.

2. Moscow State Institute of International Relations (MGIMO) Rusia


Dua tahun kemudian, MGIMO memberikan gelar doktor kehormatan kepada Megawati pada April 2003 juga untuk bidang politik.

3. Korea Maritime and Ocean University, Korea Selatan


Perguruan tinggi yang terletak di Kota Busan ini memberikan gelar honoris causa kepada Megawati pada Oktober 2015 untuk bidang politik.

4. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Perguruan tinggi negeri (PTN) yang berada di peringkat 1501+ dunia versi THE World University Rankings 2024 ini memberikan gelar kehormatan kepada Megawati pada Oktober 2015 untuk bidang politik dan pemerintahan.

5. Universitas Negeri Padang (UNP)


Lalu pada September 2017, UNP memberikan gelar doktor kehormatan untuk bidang pendidikan politik kepada Megawati.

Baca juga: Mengenal Penghargaan Anugeraha Sewaka Winayaroha yang Diterima Rektor UGM Semasa Ganjar Pranowo

6. Mokpo National University, Korea Selatan


Kembali dari sebuah kampus dari Korea Selatan, Mokpo National University memberikan gelar doktor kehormatan kepada Megawati pada November 2017 karya dinilai telah memberi karya luar biasa pada bidang demokrasi ekonomi.

7. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)


Sekolah kedinasan populer di Indonesia ini memberikan gelar honoris causa kepada Megawati pada Maret 2018 karena dinilai memberikan manfaat luar biasa untuk bidang politik dan pemerintahan.

8. Fujian Normal University (FNU) China


Pada tahun yang sama, Megawati menambah deretan gelar doktor kehormatannya yang kedelapan dari FNU untuk bidang diplomasi ekonomi.

9. Soka University Japan, Jepang


Salah satu kampus ternama di Tokyo, Soka University Japan pada 2020 juga memberikan gelar doktor kehormatan kepada Megawati untuk bidang kemanusiaan.

10. Universiti Tun Abdul Rahman, Malaysia


Gelar doktor kehormatan yang terbaru diterima oleh Megawati Soekarnoputri adalah dari salah satu kampus yang berlokasi di Selangor, Malaysia ini.

Megawati menerima gelar doktor kehormatan untuk bidang ilmu sosial. Penganugerahan ini diterima langsung oleh Megawati yang sebelumnya menyampaikan orasi ilmiah tentang transformasi sosial di Indonesia.

Demikian tadi deretan kampus yang memberikan gelar doktor kehormatan kepada Megawati. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0840 seconds (0.1#10.140)