10 Sekolah Kedinasan dengan Jumlah Pendaftar Terbanyak, Puluhan Ribu Pilih PKN STAN

Rabu, 04 Oktober 2023 - 11:06 WIB
loading...
10 Sekolah Kedinasan dengan Jumlah Pendaftar Terbanyak, Puluhan Ribu Pilih PKN STAN
Menurut data sementara BKN setidaknya per April 2023, PKN STAN menjadi sekolah kedinasan yang memiliki pendaftar sementara terbanyak di 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 sekolah kedinasan dengan jumlah pendaftar terbanyak 2023. Badan Kepegawaian Negara (BKN) merilis 10 besar sekolah kedinasan dengan jumlah pendaftar terbanyak sementara tahun 2023. Diketahui, pendaftaran seleksi sekolah kedinasan telah dibuka sejak 1 April 2023 lalu oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Ada 34 sekolah kedinasan di bawah naungan 8 kementerian atau instansi yang membuka pendaftaran bagi calon praja, taruna, dan mahasiswa tahun 2023. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://dikdin.bkn.go.id. Dilansir dari BKN melalui akun Twitter resminya @BKNgoid pada Kamis (27/4/2023), artikel kali ini akan mengulas daftar sekolah kedinasan dengan jumlah pendaftar terbanyak sementara tahun 2023.

10 Sekolah Kedinasan dengan Jumlah Pendaftar Terbanyak (Per April 2023)

1. Politeknik Keuangan Negara STAN (20.809 pendaftar)

2. Politeknik Statistika (STIS) (14.442 pendaftar)

3. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) (13.699 pendaftar)

4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) (8.558 pendaftar)

5. Politeknik Imigrasi (Poltekim) (6.602 pendaftar)

6. Politeknik Transportasi Darat Indonesia Bekasi (5.991 pendaftar)

7. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) (5.379 pendaftar)

8. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (Ppi) Madiun (2.237 pendaftar)

9. Politeknik Siber Dan Sandi Negara (Poltek SSN) (2.054 pendaftar)

10. Politeknik Transportasi Sungai Danau Dan Penyeberangan Palembang (1.659 pendaftar)


Apa Saja Keuntungan Sekolah Kedinasan


1. Prospek kerja terjamin


Lulus dari sekolah kedinasan kamu gak perlu bingung buat cari kerja. Seluruh lulusannya akan direkrut langsung oleh lembaga negara yang menaunginya.Tak cuma itu aja sobat, sebelum lulus ini pun kamu juga akan dibekali dengan ilmu yang sangat kompleks. Sehingga ilmu tersebut bisa kamu aplikasikan di dunia kerja.

2. Dinaungi langsung oleh lembaga negara


Sekolah kedinasan memang sedikit berbeda dengan perguruan tinggi pada umumnya. Sekolah kedinasan ini dinaungi langsung oleh lembaga negara. Sehingga para lulusan dari sekolah kedinasan bisa langsung berkecimpung di dalam lembaga negara tersebut.

3. Belajarnya luas

Perguruan tinggi pada umumnya lebih banyak mengajarkan hal-hal yang bersifat akademik. Namun berbeda dengan sekolah kedinasan. Di sekolah kedinasan, kamu akan menjumpai berbagai macam aspek yang harus kamu lakukan, salah satunya mengasah softskill kamu.

4.Memiliki bekal skill mumpuni


Selama sekolah di sekolah kedinasan, kamu akan belajar banyak hal terutama dalam bidang softskill. Para mahasiswa diwajibkan harus bisa memahami softskill yang sudah dibekali selama masa kuliah.Berbagai skill ini ditujukan agar para mahasiswa siap dan menerapkan seluruh ilmunya di dalam dunia kerja nanti.

5. Biaya terjangkau


Sekolah kedinasan merupakan sekolah tinggi yang dinaungi oleh lembaga pemerintah. So, bisa dibilang biaya pendidikannya akan jauh lebih murah dibanding perguruan tinggi pada umumnya. Bahkan, ada beberapa sekolah kedinasan yang gratis lho. Malah mahasiswanya sendiri dapat uang saku setiap bulannya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7264 seconds (0.1#10.140)