Daftar Jenderal TNI Lulusan Universitas Terbaik Amerika, Ada yang Kuliah di Harvard

Rabu, 04 Oktober 2023 - 12:00 WIB
loading...
Daftar Jenderal TNI Lulusan Universitas Terbaik Amerika, Ada yang Kuliah di Harvard
3 jenderal TNI yang pernah mengenyam pendidikan tinggi di Amerika Serikat, Perguruan tingginya pun bukan kaleng-kaleng, bahkan ada yang lulus dari Harvard. Foto/YouTube SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat menjadi destinasi pendidikan bagi semua kalangan, termasuk para jenderal . Berikut ini 3 jenderal TNI yang menempuh kuliah di universitas terbaik di Negeri Paman Sam.

Menuntut ilmu setinggi-tingginya bahkan sampai ke luar negeri menjadi suatu hal yang penting karena gelar pendidikan yang tinggi bisa menunjang karier seseorang.

Baca juga: 10 Universitas yang Punya Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi dengan Masa Depan Menjanjikan

Tidak hanya masyarakat umum, namun juga bagi mereka yang berkarier sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI). Banyak prajurit yang melanjutkan kuliah hingga ke luar negeri, tak terkecuali ke Amerika Serikat.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini tiga jenderal TNI yang melanjutkan pendidikan tinggi ke Amerika Serikat.

3 Jenderal TNI yang Kuliah di Amerika Serikat

1. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)


Jenderal TNI (Purn) Prof Dr Susilo Bambang Yudhoyono merupakan mantan Presiden ke-6 RI yang merupakan salah satu jenderal yang pernah kuliah di luar negeri.
Daftar Jenderal TNI Lulusan Universitas Terbaik Amerika, Ada yang Kuliah di Harvard

Foto/SINDOnews

SBY yang pernah menjadi orang nomor satu di Indonesia periode 2004-2014 lalu itu menjalani pendidikan militer di Airborne and Ranger Course, Georgia, AS pada 1976 dan Infantry Officer Advanced Course, juga di Georgia, Amerika Serikat di 1982 hingga 1983.

Baca juga: Curhat Mahasiswi Unpas Ingin Jadi Dubes, Minta Motivasi ke Bacapres Ganjar Pranowo

Ketua Umum Partai Demokrat ini juga pernah mendapat kursus Anti Tank Weapon di Belgia dan Jerman pada 1984. Sementara itu, gelar magister SBY raih dari Webster University, Amerika Serikat.

2. Luhut Binsar Pandjaitan


Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan saat ini menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menko Marves) di Kabinet Indonesia Maju.
Daftar Jenderal TNI Lulusan Universitas Terbaik Amerika, Ada yang Kuliah di Harvard

Foto/Istimewa

Pria kelahiran 28 September 1947 ini juga merupakan salah satu jenderal yang pernah berkuliah di luar negeri. Luhut menyelesaikan pendidikan magisternya di Masters in Public Administration, George Washington University, Washington DC, Amerika Serikat.

3. Andika Perkasa


Jenderal TNI (Purn) Muhammad Andika Perkasa merupakan mantan Panglima TNI yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat ini menyelesaikan Akademi Militer pada 1987. Setelah itu dia mengambil gelar magisternya dari The Military College of Vermont, Norwich University, Northfield, Vermont, Amerika Serikat (1999).
Daftar Jenderal TNI Lulusan Universitas Terbaik Amerika, Ada yang Kuliah di Harvard

Foto/YouTube SINDOnews

Andika Perkasa juga menempuh pendidikan National War College, National Defense University, Washington DC, Amerika Serikat (2003), dan Harvard University, Massachusetts, Amerika Serikat (2004).

Demikian profil 3 jenderal TNI yang menempuh pendidikan tinggi di universitas ternama di Amerika Serikat. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2301 seconds (0.1#10.140)