Generasi Milenial di Indonesia Mayoritas Hanya Menamatkan Pendidikan Tingkat SMA

Kamis, 05 Oktober 2023 - 17:34 WIB
loading...
Generasi Milenial di...
Data BPS menunjukkan, generasi milenial di Indonesia paling banyak menamatkan pendidikan jenjang SMA dan sederajat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini pendidikan yang paling banyak ditamatkan generasi milenial di Indonesia. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, generasi milenial telah menamatkan berbagai jenjang pendidikan. Namun, dari beragam jenjang itu, paling tinggi berada di sekolah menengah (SMA) atau sederajat, sebesar 37% dari total responden.

Dari metodologi yang ada, data BPS soal pendidikan generasi milenial ini diambil dari long form Survei Penduduk 2020 (SP 2020) yang melibatkan 4,29 juta rumah tangga. Rangkaian survei ini dilaksanakan dalam dua tahapan. Data diolah dan diseminasi dari Juni 2022 hingga 30 Januari 2023.

Persentase Tingkat Pendidikan yang Ditamatkan Generasi Milenial


1. Tidak/belum pernah sekolah (1,44% dari total responden)

2. Tidak tamat SD (3%)

3. SD/sederajat (21,83%)

4. SMP/sederajat (22,62%)5. SMA/sederajat (37%)

6. DI/DII/DIII (3,52%)

7. DIV/S1 (10,4%)

8. Profesi (0,08%)

9. S2/S3 (0,47%)


Fakta-Fakta Generasi Milenial

1. Istilah milenial pertama kali diciptakan pada tahun 1991


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa istilah milenial pertama kali diciptakan oleh Neil Howe dan William Strauss yang penelitiannya terkait milenial pun menjadi acuan untuk banyak penelitian.

Keduanya menciptakan istilah milenial tersebut pada tahun 1991 untuk menyebut kelompok yang lahir pada sekitar tahun 1982 hingga 2004 dalam bukunya yang berjudul Generations.

2. Kebanyakan dari milenial menghabiskan 85% waktunya untuk menggunakan gadget.


Generasi milenial disebut sebagai generasi yang pertama kali berkenalan atau mengenal teknologi. Mulai dari televisi, radio maupun teknologi lainnya. Oleh karena itu, generasi milenial cenderung menghabiskan kebanyakan waktunya dengan menggunakan gadget, seperti ponsel pintar dan lain sebagainya.

3. Meraih pendapatan yang cenderung lebih kecil dibandingkan baby boomer


Fakta lain dari generasi milenial ialah mengenai pekerjaannya. Baby boomers yaitu orang tua dari generasi milenial cenderung memiliki pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi milenial.

Studi lain yang dilakukan oleh Young Invicible menunjukkan bahwa generasi milenial dapat menghasilkan gaji atau memperoleh pendapatan sebesar 20 persen lebih sedikit daripada orang tua mereka yang termasuk dalam generasi baby boomers.

4. Gemar melakukan pengembangan diri.


Fakta keempat dari generasi milenial, ialah menyukai pengembangan diri atau self improvement. Generasi milenial cenderung tertarik dalam hal pengembangan diri. Hal tersebut terbukti dengan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015.

5. Memiliki pendidikan tinggi, dibandingkan generasi sebelumnya.


Dibandingkan generasi sebelumnya, generasi milenial memiliki pendidikan yang lebih tinggi. Sekitar 40% dari generasi milenial, diketahui memiliki tingkat pendidikan serta gelar sarjana lebih tinggi, apabila dibandingkan dengan gen x yang saat itu memiliki usia yang sama dengan generasi milenial.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3038 seconds (0.1#10.140)