6 Tips Belajar untuk Persiapan Tes PPPK 2023, Perbesar Peluang Lolos

Senin, 09 Oktober 2023 - 13:36 WIB
loading...
6 Tips Belajar untuk Persiapan Tes PPPK 2023, Perbesar Peluang Lolos
Jika kalian berencana untuk mengikuti tes PPPK 2023, berikut beberapa tips dan sumber belajar yang bisa kalian terapkan. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran CPNS dan PPPK akan ditutup hari ini, 9 Oktober 2023. Hingga saat ini jumlah pelamar untuk menjadi abdi negara ini sudah mencapai 2 juta lebih.

Khusus untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), jumlah pelamar PPPK Guru per 9 Oktober 2023 pukul 6.00 WIB sebanyak 431.538 pendaftar, PPPK Nakes 401.118, dan PPPK Teknis 738.865 pendaftar.

Tes PPPK merupakan salah satu pintu masuk untuk menjadi abdi negara di sektor pendidikan, kesehatan, dan posisi pejabat pemerintah lainnya. Sama seperti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), tes PPPK memerlukan persiapan yang matang.

Jika kalian berencana untuk mengikuti tes PPPK 2023, berikut beberapa tips dan sumber belajar yang efektif dari CEO Aplikasi JadiPPPK Alif Hijriah, untuk membantu mempersiapkan diri dengan baik.

Baca juga: Hari Terakhir Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023, Ini 20 Instansi yang Sepi Peminat

1. Pahami Jenis Tes PPPK


Tes PPPK terdiri dari beberapa jenis tes, termasuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setiap jenis tes memiliki materi yang berbeda, oleh karena itu, penting untuk memahami jenis-jenis tes ini agar kalian dapat belajar dengan lebih efektif.

2. Gunakan Sumber Belajar yang Tepat


Untuk mempersiapkan diri dengan baik, kamu juga memerlukan sumber belajar atau memilih bimbel PPPK 2023 yang tepat. Ada berbagai buku dan sumber belajar online yang dapat membantu kalian memahami materi tes PPPK.

Pastikan untuk memilih sumber belajar atau Bimbel PPPK yang terpercaya dan sesuai dengan jenis tes yang akan diikuti.

Menurut Alif, sumber belajar yang tepat dapat membantu pelamar memahami soal tes PPPK dengan mudah. Ia mengatakan, sudah banyak platform online yang bisa membantu calon pelamar belajar memahami soal tes. Aplikasi JadiPPPK bisa menjadi salah satu opsi.

Menurutnya, aplikasi ini cocok bagi pelamar yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang yang banyak. “Ada ratusan Paket Latihan Soal PPPK 2023 Soal yang kami sediakan sudah disesuaikan dengan soal PPPK 2023 latsol ini cocok buat kalian yang sibuk, hanya meluangkan waktu 10 menitan saja untuk mengerjakannya,” katanya, melalui siaran pers, Senin (9/10/2023).

Baca juga: Begini Cara Mendapatkan Surat Pernyataan Diri dan Surat Lamaran CPNS dan PPPK 2023

3. Ikut Kursus Persiapan PPPK


Kursus persiapan tes PPPK dapat menjadi pilihan yang baik, terutama jika kalian membutuhkan panduan dan bimbingan langsung dari instruktur yang berpengalaman. Kursus ini biasanya menyediakan simulasi tes dan latihan soal yang dapat membantu kalian familiar dengan format tes sebenarnya.

Salah satu lembaga kursus yang banyak diminati saat ini adalah kursus daring. Selain efektif, ujar Alif yang aplikasinya sudah tersedia di Playstore atau App Store ini, dengan kursus secara daring bisa memangkas biaya yang lumayan.

4. Berlatih Mengerjakan Soal


Salah satu kunci kesuksesan dalam tes PPPK adalah berlatih mengerjakan soal-soal latihan. Anda dapat menemukan soal-soal latihan online atau menggunakan buku-buku latihan khusus untuk tes PPPK. Berlatih secara rutin akan membantu Anda meningkatkan kemampuan menjawab soal dengan cepat dan tepat.

Alif mengatakan salah satu belajar yang efektif untuk mempersiapkan diri menghadapi tes PPPK adalah dengan berlatih mengisi soal dengan cepat dan efektif. Menurutnya, JadiPPPK memberikan metode blajar mengisi soal dengan efektif.

5. Atur Jadwal Belajar


Tentukan jadwal belajar yang teratur dan konsisten. Cobalah untuk mengalokasikan waktu setiap hari untuk belajar, berlatih soal, dan memahami materi. Ini akan membantu pelamar PPPK memaksimalkan persiapan Anda. Berlatih tidak hanya di lembaga Bimbel PPPK, bisa juga dilakukan di rumah

6. Jaga Kesehatan dan Kondisi Fisik


Selain belajar, penting juga untuk menjaga kesehatan dan kondisi fisik. Pastikan kalian mendapatkan istirahat yang cukup, makan dengan baik, dan tetap aktif secara fisik.

Kesehatan yang baik akan membantumu tetap fokus dan berenergi selama persiapan tes dan saat mengikuti tes sebenarnya.

"Ingatlah bahwa persiapan tes PPPK memerlukan komitmen dan usaha yang konsisten. Dengan persiapan yang baik dan sumber belajar yang tepat, Anda akan memiliki peluang lebih baik untuk berhasil dalam Tes PPPK 2023," pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)