Universitas Exeter Buka Jurusan Sihir dan Ilmu Gaib Pertama di Dunia, Apa yang Dipelajari?

Senin, 09 Oktober 2023 - 15:02 WIB
loading...
Universitas Exeter Buka Jurusan Sihir dan Ilmu Gaib Pertama di Dunia, Apa yang Dipelajari?
Universitas Exeter di Inggris membuka jurusan Sihir dan Ilmu Gaib pertama di dunia. Foto/Exeter.
A A A
JAKARTA - Universitas Exeter di Inggris membuka jurusan kuliah Sihir dan Ilmu Gaib (Magic and Occult Science) untuk program Master. Jurusan ini akan fokus pada sejarah sihir dan pengaruhnya terhadap dunia.

Universitas Exeter, salah satu kampus terbaik di Inggris yang masuk dalam Russel Group mengumumkan akan menawarkan gelar matser di bidang Sihir dan dan Ilmu Gaib mulai September mendatang.

Dikutip dari Daily Mail, Ketua Jurusan Prof Emily Selove mengatakan, jurusan Sihir dan Ilmu Gaib ini dibuka karena pihaknya melihat adanya lonjakan minat terhadap dunia sihir baru-baru ini.

Materi Pembelajaran


Para akademisi di Exeter akan memberikan materi menarik di bidang sejarah, sastra, filsafat, arkeologi, sosiologi, psikologi, drama, dan agama yang akan menunjukkan peran sihir di Barat dan Timur.

Baca juga: Mahasiswa Jurusan Pertambangan, Ini Lho Proyeksi Gaji Bulanan Pekerja Tambang di Indonesia

"Program pascasarjana ini akan menawarkan satu-satunya gelar di Inggris yang menggabungkan studi sejarah sihir dan perannya di Barat dan Timur," katanya.

Selove menjelaskan, lonjakan minat akan sihir dan ilmu gaib baru-baru ini di dalam dan di luar akademis merupakan inti dari pertanyaan paling mendesak dalam masyarakat.

"Dekolonisasi, eksplorasi epistemologi alternatif, feminisme dan anti-rasisme merupakan inti dari program ini," imbuhnya.

Prospek Karier


Program pascasarjana Sihir dan Ilmu Gaib ini berlangsung selama satu tahun. Mahasiswa setelah lulus akan bisa berkarier di bidang pengajaran, konseling, pendampingan, pekerjaan warisan dan museum, pekerjaan di perpustakaan, pariwisata, organisasi seni atau industri penerbitan, dan bidang pekerjaan lainnya.

Pilihan modul perkuliahan mencakup naga dalam sastra dan seni barat, legenda Raja Arthur, paleografi, pemikiran Islam, teori dan praktik arkeologi, serta penggambaran wanita di Abad Pertengahan.

Biaya Kuliah


Biaya per tahun untuk mahasiswa UK: 12,000 poundsterling (full-time); 6,000 poundsterling (part-time)

Biaya per tahun untuk mahasiswa internasional: 24,300 poundsterling (full-time) atau 12,150 poundsterling (part-time).

Baca juga: Mengenal Gelar ASEAN Eng, Pengakuan Keinsinyuran Seseorang di Tingkat Asia Tenggara

Sebelumnya pada Juli 2023, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengusulkan untuk mengakhiri pembukaan program kuliah dengan gelar-gelar "bernilai rendah" sekaligus meningkatkan pelatihan keterampilan dan penyediaan magang.

University of South Wales menawarkan modul sains dan sihir sebagai bagian dari gelar sejarahnya, sementara Imperial College menawarkan kursus pendidikan orang dewasa selama 20 minggu tentang sejarah sihir, sihir, dan ilmu gaib.

Gelar sihir pertama yang mendapat pengakuan resmi ditawarkan oleh Double Fond, sebuah teater Paris yang mengkhususkan diri pada sihir. Siswa pertamanya lulus pada tahun 2020.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)