10 Jurusan Kuliah Ranah IT yang Banyak Diincar BUMN, Ini Daftarnya

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 12:38 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah Ranah IT yang Banyak Diincar BUMN, Ini Daftarnya
Ada sejumlah jurusan kuliah IT yang banyak diincari BUMN. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah jurusan kuliah ranah IT atau Information Technology yang banyak diincar BUMN. Salah satu jurusan yang paling populer adalah Teknik Informatika.

Lulusan jurusan IT memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan mengelola program, website, serta aplikasi. Kemampuan tersebut tentu banyak dibutuhkan oleh berbagai sektor industri.

Berikut 10 jurusan kuliah IT yang banyak dibutuhkan BUMN.

Jurusan Kuliah IT yang Banyak diincar BUMN

1. Teknik Informatika


Lulusan jurusan Teknik Informatika dibekali dengan pengetahuan pengembangan perangkat lunak, jaringan komputer, dan sistem informasi. Mahasiswa lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai software engineer, network engineer, atau system analyst.


2. Sistem Informasi


Jurusan Sistem Informasi umumnya mempelajari mengintegrasikan teknologi informasi dengan bisnis dan manajemen. Beberapa BUMN yang membutuhkan staf dalam bidang sistem informasi di antaranya adalah PT Jasa Marga, PT Kimia Farma dan PT Pos Indonesia.

3. Teknik Komputer


Jurusan Teknik Komputer mempelajari bagaimana merancang, membangun, dan memelihara perangkat keras komputer dan sistem tertanam. Lulusan jurusan ini memiliki keahlian dalam bidang elektronika, mikrokontroler, robotika dan sistem operasi yang dibutuhkan perusahaan BUMN.

4. Teknik Elektro


Lulusan Teknik Elektro memiliki keterampilan dalam bidang rangkaian listrik, elektronika, telekomunikasi dan kontrol. Jurusan Teknik Elektro juga mempelajari bagaimana mengaplikasikan prinsip-prinsip fisika dan matematika dalam bidang listrik, magnetisme, dan elektromagnetisme.


5. Teknik Telekomunikasi


Jurusan Telekomunikasi menjadi salah satu program studi yang banyak diminati. Jurusan ini banyak mempelajari bagaimana merancang, mengimplementasikan, dan mengelola sistem komunikasi jarak jauh menggunakan gelombang elektromagnetik.

6. Ilmu Komputer


Jurusan Ilmu Komputer mempelajari bagaimana menggunakan konsep-konsep matematika dan logika dalam bidang komputasi. Contoh BUMN yang membutuhkan lulusan ilmu komputer adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Bank Mandiri), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI).


7. Keamanan Siber


Jurusan ini mempelajari tentang keamanan siber dan manajemen risiko keamanan siber. Lulusan jurusan Keamanan Siber dapat bekerja di berbagai perusahaan BUMN sebagai security analyst, security consultant, atau security engineer.

8. Desain Grafis


Mahasiswa dari jurusan Desain Grafis akan belajar tentang desain grafis dan multimedia. Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai graphic designer, web designer, atau multimedia designer.

9. Game Development


Game Development mempelajari tentang pengembangan game dan animasi. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai game developer, game designer, atau animator di perusahaan BUMN.

10. Data Science


Lulusan jurusan Data Science mempunyai pengetahuan tentang pengolahan data dan analis data. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai data analyst, data scientist, atau business intelligence analyst di perusahaan BUMN.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2291 seconds (0.1#10.140)