Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Prodi Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 09:30 WIB
loading...
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Prodi Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan
Dalam rumpun ilmu sosial dan humaniora (Soshum) prodi Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan memiliki sejumlah perbedaan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini perbedaan antara prodi Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan yang perlu diketahui. Kamu berminat kuliah di jurusan Soshum (Sosial dan Humaniora)? Perlu diketahui keilmuan Soshum terdapat banyak sekali bidang keilmuan yang dipecah dan difokuskan untuk membentuk bidang keilmuan mendalam

Hal itu terjadi pada dua bidang Soshum yakni ilmu politik dan ilmu pemerintahan. Keduanya secara garis besar berada pada lingkup yang sama yaitu lingkup politik dan pemerintahan.Lalu di mana perbedaan keduanya? Artikel kali ini akan mengulasnya secara rinci di mana letak perbedaan keduanya.

Perbedaan Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan


Ilmu Politik


1. Ilmu Politik memperlajari seluruh hal tentang dunia politik pada suatu negara dari aktor politik, partai politik, lembaga yang menjadi lingkungannya hingga isu isu politik yang tengah berkembang.

2. Ilmu politik juga akan mengkritisi dinamika pembuatan kebijakan, aktor internal maupun eksternal yang dapat memengaruhi kebijakan bahkan problematika dalam partai politik.

3. Bidang keilmuan ini akan terfokus pada ranah pembuatan kebijakan, isu dan dinamika yang mewarnainya.

4. Prospek karier bagi lulusan ilmu politik sendiri sebagai aktor maupun pejabat yang menduduki kursi politik seperti DPR, DPRD maupun anggota pengurus partai politik.


Ilmu Pemerintahan


1. Ilmu pemerintahan merupakan bidang keilmuan yang memiliki lingkup pembelajaran yang meliputi kedua bidang sebelumnya yakni ilmu politik dan ilmu administrasi publik/negara.

2. Bidang ini mempelajari keseluruhan koridor pemerintahan dari mulai proses pembuatan kebijakan, aktor dan dinamika di dalamnya yang mana ini merupakan lingkup dalam ilmu politik sekaligus mempelajari implementasi kebijakan yang merupakan lingkup dalam ilmu administrasi publik/negara.

3. Sehingga ilmu pemerintahan menjadi bidang keilmuan yang lebih luas dengan menjangkau kedua ilmu sebelumnya, yang tentunya akan menambah wawasan mahasiswa di dalamnya.

4. Prospek karier bagi lulusan ilmu pemerintahan juga cenderung luas seiring dengan luasnya keilmuan yang dipelajarinya.

5. Lulusan mahasiswa Ilmu Pemerintahan berkesempatan besar dalam menduduki jabatan dalam dunia politik maupun birokrasi karena dasar dasar ilmu yang telah dikarunginya semasa kuliah.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)