Mengintip Besaran Gaji Pekerja Ahli Bidang IT di Indonesia, Peluang Lulusan Teknologi Informasi

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 08:15 WIB
loading...
Mengintip Besaran Gaji Pekerja Ahli Bidang IT di Indonesia, Peluang Lulusan Teknologi Informasi
Beberapa profesi di sektor informasi teknologi (IT) di Indonesia ternyata memiliki gaji yang lumayan besar. Salah satunya VP Engineering. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini besaran gaji pekerja ahli bidang IT yang jadi peluang bagi lulusan jurusan teknologi informasi . Kamu berkuliah atau berniat menlanjutkan studi jurusan bidang IT? Beberapa profesi di sektor informasi teknologi (IT) di Indonesia ternyata memiliki gaji yang lumayan besar.

Permintaan akan tenaga ahli IT yang besar dan terbatasnya sumber daya manusia di Indonesia menjadi salah satu alasan dari tingginya gaji di bidang ini.

Menurut laporan Michael Page yang berjudul Indonesia Salary Guide 2023, kebanyakan keterampilan (skill) yang dibutuhkan dari bidang IT meliputi taktik pemasaran, leadership, literasi data, manajemen produk, hingga standar keamanan dan risiko. Artikel kali ini akan membahas gaji pekerja IT di Indonesia yang bisa jadi peluang bagi lulusan jurusan teknologi informasi.

Rata-rata Gaji Pekerja Ahli Digital dan Teknologi di Indonesia


1.VP Engineering (Rp150 juta)

2. Head of Engineering (Rp120 juta)

3. Engineering Manager (Rp80 juta)

4. Technology Lead (Rp50 juta)

5. Lead DevOps Engineer (Rp40 juta)

6. Senior Software Engineer (Rp35 juta)

7. QA Engineer (Rp25 juta)

8. Systems Engineer (Rp25 juta)


Mengenal Jurusan Teknik Informatika


Teknik Informatika adalah suatu bidang studi yang melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer dan menggunakan prinsip dan proses logika.

Lebih jelasnya lagi, Jurusan Teknik Informatika mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

Belajar Apa Saja di Jurusan Teknik Informatika?

Dengan memilih untuk berkecimpung di bidang Teknik Informatika, artinya kamu juga sudah siap untuk mengikuti kuliah yang akan menuntut kecerdasan logika kamu. Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika akan diajarkan tentang pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer.

So, dasar matematika dan kemampuan analisis yang kuat wajib dimiliki untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam membuat suatu program.Mata kuliah yang diajarkan di jurusan Teknik Informatika bisa dibilang menantang.

Apa Bedanya Jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi?

Di Jurusan Teknik Informatika, kamu akan lebih mempelajari tentang pengolahan data pada komputer melalui proses logika. Jadi, mata kuliah yang akan kamu temui lebih berkutat pada programming, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak.

Kemudian untuk Jurusan Teknik Komputer, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu berkutat dengan perangkat keras komputer (hardware). Selain belajar tentang bagian-bagian dari komputer, mahasiswa juga akan bermain dengan microcontroller, yakni otak dari komputer.

Jika Teknik Informatika lebih menekuni software dan Teknik Komputer lebih menekuni hardware, maka tidak demikian dengan Sistem Informasi. Bisa dikatakan, Jurusan Sistem Informatika hampir mirip dengan Teknik Industri yang menggabungkan antara bidang manajemen dan teknis.

Di Jurusan Sistem Informasi, kamu akan mendapat dua ilmu gabungan antara manajemen dan ilmu komputer. Bagi kamu yang tertarik dengan kegiatan yang lebih bersifat ‘sosial’ dengan interaksi kepada manusia lain, tetapi juga memiliki ketertarikan terhadap ilmu komputer, maka jurusan inilah yang tepat untuk kamu.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3249 seconds (0.1#10.140)