UGM Sumbang 4 Alumni di Gelanggang Pilpres 2024

Rabu, 18 Oktober 2023 - 13:30 WIB
loading...
UGM Sumbang 4 Alumni di Gelanggang Pilpres 2024
Ada 4 alumni UGM yang saat ini akan bertarung di Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Ini 4 alumni UGM di gelanggang Pilpres 2024 . Di tengah riuhnya dinamika politik nasional menjelang Pilpres 2024, latar belakang pendidikan sosok bakal calon presiden (Bacapres) dan bakal calon wakil presiden Bacawapres) menarik untuk diamati.

Jika dilihat dari latar belakang pendidikan tinggi, Universitas Gadjah Mada (UGM) bisa sedikit membusungkan dada mengingat 4 sosok Bacapres dan Bacawapres saat ini merupakan alumni kampus Biru- julukan UGM.

Superioritas UGM sebagai almamater 4 sosok Bacapres dan Cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2024 seolah mematahkan dominasi Universitas Indonesia (UI) yang selama ini dikenal banyak melahirkan lulusan sebagai tokoh di kancah perpolitikan nasional tak terkecuali dalam urusan Pilpres.

Jika merujuk data, maka bisa dikatakan UGM dan UI bersaing ketat sebagai lembaga pendidikan yang banyak melahirkan tokoh atau pejabat yang ikut dalam kontestasi nasional di Indonesia. Lalu siapa saja alumni UGM yang akan bertarung di PIlpres 2024? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

4 Alumni UGM yang Bertarung di Pilpres 2024


1. Anies Baswedan

Sosok alumni UGM pertama yang akan meramaikan Pilpres 2024 adalah Anies Baswedan. Bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan yang berpasangan dengan Bacawapres Muhaimin Iskandar ini diusung oleh Partai Nasdem, PKB, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Mantan Gubernur DKI Jakarta ini merupakan alumni Fakultas Ekonomi UGM lulusan tahun 1995.

2. Muhaimin Iskandar


Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang di Pilpres 2024 telah dipinang sebagai Cawapres Anies Baswedan merupakan alumnus Fisipol UGM. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga pernah menjadi Ketua Korps Mahasiswa Jurusan Ilmu Sosial di Yogyakarta pada tahun 1990.



Meski menamatkan sarjananya di UGM, Muhaimin yang pernah menjadi Ketua Umum Pengurus Besar PMII periode 1994-1997 ini kemudian juga melanjutkan kuliah S2 di Magister Komunikasi Universitas Indonesia (UI) dan lulus pada tahun 1998.

3. Ganjar Pranowo


Bacapres Ganjar Pranowo yang diusung oleh PDIP, PPP, Perindo dan Hanura akhirnya telah resmi menggandeng Menkopolhukam Mahfud MD sebagai Cawapres, Rabu (18/10/2023). Ganjar diketahui merupakan alumni Fakultas Hukum UGM tahun 1995.

Bahkan Capres kelahiran 28 Oktober 1968 ini juga dipercaya sebagai Ketua Kagama (Keluarga Alumni Gadjah Mada). Meski lebih dikenal sebagai alumni Fakultas Hukum UGM, Ganjar diketahui juga merupakan alumni pascasarjana Ilmu PolitikUniversitas Indonesia(UI)

4.Mahfud MD


Sosok Menkopolhukam Mahfud MD resmi ditetapkan sebagai Bacapres Ganjar Pranowo pada Rabu (18/10/2023). Di kancah akademis, Mahfud juga merupakan alumni UGM sejak sarjana hingga doktor. Selain menempuh sarjana hukum di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, pria kelahiran 13 Mei 1957 ini juga merupakan jebolan S1 Fakultas Sastra dan Kebudayaan (Sasdaya) Jurusan Sastra Arab, UGM, pascasarjana Ilmu Politik UGM serta program S3 Ilmu Hukum Tata Negara UGM
.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5673 seconds (0.1#10.140)