Menilai Pentingnya Desain Grafis Bagi Pelaku UMKM, Relawan Ganjar Memberikan Pelatihan Gratis

Kamis, 19 Oktober 2023 - 15:05 WIB
loading...
Menilai Pentingnya Desain Grafis Bagi Pelaku UMKM, Relawan Ganjar Memberikan Pelatihan Gratis
Relawan Ganjar dalam Santri Dukung Ganjar di Provinsi Jambi mengadakan pelatihan desain grafis kepada para Pemuda Karang Taruna di Desa Semumu. Foto/MPI.
A A A
JAMBI - Dengan persaingan yang semakin ketat saat memasuki era society 5.0, produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat berpeluang untuk bersaing dalam skala global, para relawan Ganjar dalam Santri Dukung Ganjar di Provinsi Jambi, mengadakan pelatihan desain grafis kepada para Pemuda Karang Taruna di Desa Semumu, Kabupaten Kerinci.

Desain grafis dinilai memiliki daya dorong dalam menguatkan inovasi produk menjadi lebih kreatif. Di era digital ini, desain grafis memberikan dampak nyata mendorong aspek penjualan. Desain grafis bisa efektif membangun identitas bisnis dan membantu branding yang kuat di mata masyarakat.

Desain grafis juga memiliki peran yang penting dalam penguatan keselarasan merek. Dengan memiliki desain grafis yang konsisten dan unik di semua saluran komunikasi, mulai dari situs web, media sosial, hingga materi pemasaran, bisnis UMKM dapat meningkatkan citra profesional merknya.

Baca juga: Kemeriahan Selawat Kebangsaan Sahabat Ganjar Bareng Gus Ali Gondrong

Para relawan Calon Presiden Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar, di Provinsi Jambi, memahami potensi dan tantangan persaingan di era 5.0 tersebut. Sehingga mereka mengadakan pembekalan pelatihan desain grafis

“Perkembangan teknologi informasi yang kian pesat membuat desain grafis memiliki peran cukup penting di berbagai aspek,” ungkap Koordinator Wilayah (Korwil) Santri Dukung ganjar Jambi, Aftori, pada Selasa (17/10/2023).

Ia mengungkap, untuk mendorong penjualan suatu produk, pemasaran, periklanan, hingga konten visual. Maka, skill kekinian seperti inilah yang sangat diperlukan untuk para santri milenial.

"Tujuan dari pelatihan desain grafis ini agar seluruh teman-teman Karang Taruna Desa Semumu ini bisa menguasai bidang IT khususnya di bidang desain grafis. Agar mereka bisa mengikuti zaman yang dimana zaman sekarang kan lebih ke digital," imbuh Aftori.

Baca juga: Relawan Ganjar Gelar Lomba Layangan, Pegiat Layang-layang Sambut Antusias

Kegiatan pelatihan yang dibentuk juga diikuti berbagai remaja masjid setempat. Seluruh peserta sangat fokus memperhatikan setiap materi yang disampaikan oleh mentor kegiatan tersebut, Dendi Ridho.

“Pelatihan meliputi pengenalan prinsip dasar, aplikasi, elemen dasar, warna dalam desain, hingga outputnya," ucap Dendi.

Para santri putra dan putri secara bergantian mengikuti pelatihan desain grafis itu di dalam ruang kelas yang tersedia. Di sana telah tersedia pula laptop yang digunakan oleh para santri bisa agar mencoba secara langsung membuat desain poster.

Aftori kemudian mengungkapkan pelatihan yang telah disediakan ini dapat memberikan motivasi kepada rekan-rekan remaja masjid agar lebih mengembangkan kreativitas dan kemampuan mendesain masing-masingh, sehingga bisa menjadi peluang usaha untuk meningkatkan ekonominya di masa mendatang.

"Selain mengadakan pelatihan, kami juga menyerahkan sejumlah bantuan meliputi alat material bangunan untuk merenovasi sekretariat Karang Taruna Desa Semumu," tutup Aftori.

Dengan pentingnya kemampuan desain grafis, para relawan Ganjar tersebut sudah berhasil memberikan dampak positif kepada masyarakat melalui kegiatan pelatihan yang dijalankan. Terlebih, kepada mereka yang ingin mendirikan UMKM.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)