Kemenag Bahas Inovasi Moderasi Beragama di Unair

Selasa, 24 Oktober 2023 - 17:31 WIB
loading...
Kemenag Bahas Inovasi Moderasi Beragama di Unair
Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat, Kemenag Prof. Suyitno menyerahkan hadiah kepada juara inovasi moderasi beragama. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) melakukan roadshow sosialisasi rencana perhelatan akbar Konferensi Moderasi Beragama Asia Afrika (KMBAA) di Bandung pada 11 sampai 13 Desember 2023 nanti. Kali ini dengan melakukan Diskusi Publik, Ekspos Inovasi Moderasi Beragama, dengan tema Membangun Harmoni Melalui Kampung Moderasi dan Rumah Ibadah Moderasi.

Kegiatan diskusi ini menghadirkan beberapa narasumber, seperti Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Bappenas, Didik Darmanto, Koordinator Jaringan Gusdurian dan Tim Ahli Pokja Moderasi Beragama, Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid, dan Direktur Jenderal Bimas Buddha Supriyadi.

Kegiatan yang digagas oleh Balai Litbang Agama Semarang ini, bertempat di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Agama, Nizar Ali saat membuka kegiatan mengapresiasi Balitbang Diklat atas penyelenggaraan ekspos inovasi moderasi beragama ini.

Baca juga: Gelar Mudzakarah Perhajian, Kemenag Bahas Istitha'ah Kesehatan

Menurut Nizar, Kampung moderasi beragama, rumah moderasi beagama, dan juga sekolah moderasi beragama serta perguruan tinggi moderasi beragama, bisa menjadi role model menjelang tahun politik saat ini. Sebab, pada tahun politik masyarakat sangat rentan dengan gesekan-gesekan, hanya karena perbedaan pilihan politik.

"Moderasi beragama di kampung dan tempat ibadah menjadi opsi untuk menciptakan keharmonisan umat beragama. Sebab di kampung moderasi beragama dipastikan kehidupan umat beragama harmonis dan damai," terang Nizar, melalui siaran pers, dikutip Selasa (24/10/2023).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat, Kemenag Prof. Suyitno mengatakan, pelaksanaan ekspos inovasi moderasi beragama di Unair sejalan dengan lahirnya Pepres Nomor 58 Tahun 2023, tentang penguatan moderasi beragama. Program moderasi beragama (PMB) bukan semata tusinya Kemenag, tetapi menjadi kewajiban bersama semua K/L.

Baca juga: CPNS dan PPPK 2023, 81.607 Pelamar Kemenag Lolos Seleksi Administrasi

“Program inovasi moderasi bertujuan agar praktik baik dari masyarakat, dan lembaga pendidikan, bisa menjadi role model, bahwa apa yang dilakukan menjadi contoh dan bisa dikembangkan lalu didesiminasikan di tempat lain,” tegas Kaban.

Kaban juga berharap, dengan rencana gelaran KMBAA di Bandung nanti, bisa mengimpor dan mengekspor praktik-praktik baik moderasi beragama di benua Asia Afrika. Selain itu juga dapat berkontribusi, memberikan solusi, dan pandangan tentang pentingnya hidup yang damai, meskipun berbeda latar belakang, suku bangsa, agama, dan heterogenitas.

Pada diskusi ini juga diberikan hadiah kepada para pemenang lomba inovasi. Kategori kampung moderasi, Juara 1 Desa Rama Agung, Bengkulu, Juara 2 Dusun Plumbon, Banguntapan, DIY dan juara 3 Desa Budakeling, Karangasem, Bali. Kategori rumah ibadah moderasi beragama, Juara 1 Vihara Tanah Putih semarang, Jawa tengah, Juara 2 Masjid At-Taqwa, dan Pura Kalingga, Pekalongan, Jawa Tengah, dan Juara 3 Pura Karanggede, Bantul, DIY.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)