Lagi Kuliah di Jurusan Kedokteran? Ini 8 Jenis Spesialisasi Dokter Gigi yang Perlu Diketahui

Kamis, 26 Oktober 2023 - 09:51 WIB
loading...
Lagi Kuliah di Jurusan Kedokteran? Ini 8 Jenis Spesialisasi Dokter Gigi yang Perlu Diketahui
Setidaknya ada 8 jenis spesialisasi kedokteran gigi yang ada di Indonesia, salah satunya adalah dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak (drg. Sp.KGA). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 8 jenis spesialisasi profesi dokter gigi yang penting diketahui mahasiswa kedokteran. Kamu sedang kuliah di jurusan kedokteran gigi? Selain belajar tentu kamu harus memahami beragam jenis spesialisasi yang ada di dokter gigi.

Profesi dokter gigi didapat setelah seseorang menyelesaikan pendidikan S1 dan pendidikan profesi dari fakultas kedokteran gigi. Jika dokter gigi menemukan kasus yang kompleks, dokter gigi akan merujuk pasien untuk melanjutkan tindakan dengan dokter gigi spesialis.

Dokter gigi spesialis adalah dokter gigi yang melanjutkan pendidikan khusus pada satu bidang ilmu kedokteran gigi. Lalu apa saja jenis spesialisasi yang ada pada profesi dokter gigi? Artikel kali ini akan mengulas setidaknya ada 8 jenis spesialisasi dokter gigi di Indonesia, simak ya!

8 Jenis Spesisialisasi Dalam Kedokteran Gigi


1. Dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak (drg. Sp.KGA)


Bidang spesialisasi yang berfokus pada kesehatan gigi dan mulut anak. Pada usia dini, anak mungkin akan takut untuk berkunjung ke dokter gigi. Dokter gigi spesialis gigi anak mempunyai pendekatan khusus untuk membuat anak menjadi lebih nyaman dalam melakukan perawatan gigi.

Contoh perawatan yang ditangani oleh dokter gigi spesialis gigi anak yaitu perawatan saluran akar gigi anak, pencabutan gigi anak yang kompleks, dan penanganan anak tantrum pada saat perawatan gigi.

2. Dokter gigi spesialis konservasi gigi (drg. Sp.KG)


Bidang spesialisasi yang bertujuan untuk mempertahankan dan memperbaiki gigi yang berlubang, sehingga fungsi dan estetika gigi kembali seperti semula.

Contoh perawatan yang ditangani yaitu perawatan saluran akar gigi dewasa, perawatan ulang saluran akar gigi dewasa dan perawatan restorasi gigi.

3. Dokter gigi spesialis bedah mulut (drg. Sp.BM)


Bidang spesialisasi yang berfokus pada tindakan pembedahan di dalam rongga mulut. Contoh perawatan yang ditangani yaitu pencabutan gigi bungsu, pencabutan gigi komplikasi, tumor di area rongga mulut, permasalahan rahang, dan pembedahan lain pada rongga mulut.


4. Dokter spesialis ortodonti (drg. Sp.Ort)


Bidang spesialisasi yang berfokus pada perawatan merapikan susunan gigi yang tidak baik. Contoh perawatan yang ditangani yaitu pemasangan kawat gigi dan clear aligner.

5. Dokter gigi spesialis prostodonti (drg. Sp.Pros)


Bidang spesialisasi yang berfokus pada perawatan gigi yang hilang dan restorasi gigi. Contoh perawatan yang ditangani yaitu pemasangan gigi palsu penuh, gigi tiruan jembatan, dan veneer gigi.

6. Dokter gigi spesialis periodonti (drg. Sp.Perio)


Bidang spesialisasi yang berfokus pada perawatan masalah jaringan pendukung gigi seperti gusi, tulang dan jaringan pendukung gigi lainnya. Contoh perawatan yang ditangani yaitu gusi turun, gigi goyang dan implan gigi.

7. Dokter gigi spesialis penyakit mulut (drg. Sp.PM)


Bidang spesialisasi yang berfokus pada pengobatan penyakit di area rongga mulut. Contoh perawatan yang ditangani yaitu perawatan penyakit mulut pada pasien TB, HIV/AIDS, kanker mulut dan penyakit mulut lainnya.

8. Dokter gigi spesialis radiologi kedokteran gigi (drg. Sp.RKG)


Bidang spesialisasi yang berfokus pada analisa hasil radiologi gigi yang bertujuan untuk memperjelas diagnosa dan menentukan perawatan selanjutnya secara spesifik.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2339 seconds (0.1#10.140)