Mahasiswa UI, Kenali 17 Warna Makara Fakultasmu

Minggu, 29 Oktober 2023 - 19:35 WIB
loading...
Mahasiswa UI, Kenali 17 Warna Makara Fakultasmu
17 warna makara fakultas dan sekolah di kampus Universitas Indonesia (UI). Foto/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) memiliki 17 fakultas dan sekolah. 17 fakultas dan sekolah di UI itu pun memiliki warna makara yang berbeda-beda dan perlu diketahui oleh mahasiswa UI .

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu kampus tertua di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1849 kini UI sudah memiliki 36.053 mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan kuliah.

Berbicara tentang kampus, tak lengkap jika tidak membahas mengenai makara. Makara UI ialah lambang UI yang diciptakan oleh Sumaxtono (Sumartono) pada tahun 1952.

Dikutip dari Instagram UI, Sumartono adalah seorang mahasiswa dari angkatan 1951 jurusan Seni Rupa Fakulteit Teknik Universitas Indonesia, Bandung.

Baca juga: FIK UI Terbaik di Indonesia versi EduRank 2023

Ide dasar dari lambang tersebut adalah kala-makara, yang merupakan dua kekuatan yang ada di alam: kala sebagai kekuatan di atas (kekuatan matahari) dan makara sebagai kekuatan di bawah (kekuatan bumi).

Kedua kekuatan itu dipadukan dan distilir Sumaxtono menjadi makara yang melambangkan Universitas Indonesia sebagai baik sumber ilmu pengetahuan, maupun hasilnya, yang menyebar ke segala penjuru.

Elemen makara UI terbagi tiga. Pertama, cabang-cabang pohon ilmu yang melambangkan pohon ilmu pengetahuan dengan cabang-cabang ilmu pengetahuannya.

Lalu kuncup pohon ilmu pengetahuan yang senantiasa mekar menjadi cabang ilmu pengetahuan baru. Dan elemen ketiga adalah pancuran yang berbentuk makara, melambangkan sumber ilmu pengetahuan yang hasilnya memancar ke segala penjuru.

Baca juga: 10 Program Studi Universitas Indonesia (UI) dengan Daya Tampung Terbanyak di SNBT 2023
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2238 seconds (0.1#10.140)