Unpad Buka Jalur Khusus Alumni Berprestasi di Pendaftaran SMUP Pascasarjana

Selasa, 31 Oktober 2023 - 11:39 WIB
loading...
Unpad Buka Jalur Khusus Alumni Berprestasi di Pendaftaran SMUP Pascasarjana
Unpad membuka kembali pendaftaran SMUP Pascasarjana Gelombang II hingga 24 Januari 2024. Foto/Unpad.
A A A
JAKARTA - Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka kembali pendaftaran SMUP Pascasarjana Gelombang II hingga 24 Januari 2024. Selain jalur umum, Unpad juga membuka khusus jalur alumni.

Kepala Kantor Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Anas mengatakan, pada gelombang ini, SMUP Pascasarjana dibuka untuk program Profesi, Spesialis, Subspesialis, Magister, dan Doktor.

Pendaftaran SMUP Pascasarjana 2023 dibuka tiga sesi. Sesi pertama dibuka pada 12 Oktober – 2 November 2023, sesi kedua pada 17 November – 14 Desember 2023, sedangkan sesi ketiga dibuka pada 5 – 24 Januari 2024.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah S2 di Universitas Terbuka, Biaya Kuliahnya Berapa?

“Pembagian sesi tersebut ditujukan untuk memfasilitasi mereka yang memerlukan (mengurus) surat keterangan kelulusan atau beasiswa,” katanya, dikutip dari laman Unpad, Selasa (31/10/2023).

Program Alumni Berprestasi dan Berkinerja


Selain pendaftaran SMUP Pascasarjana Reguler, Unpad juga membuka pendaftaran SMUP Pascasarjana untuk para alumni berprestasi dan berkinerja. Program ini dibuka untuk memberikan penghargaan kepada para alumni yang memiliki prestasi atau berkinerja baik di perusahaan bergengsi untuk bisa langsung berkuliah di Unpad.

Anas mengatakan, pada jalur ini, persyaratan pesertanya tetap sama dengan regular yakni adanya sertifikat Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan sertifikat TKBI. Bedanya adalah, jalur alumni tidak ada batasan minimal skor TKA dan TKI. Peserta cukup memiliki surat rekomendasi dari pimpinan fakultas tempat mereka dulu berkuliah.

Dua kriteria alumni yang dinyatakan berprestasi dan berkinerja, yaitu memiliki IPK yang baik dan bekerja di perusahaan bergengsi. “Dua persyaratan itu saja, selanjutnya nanti pimpinan fakultas membuatkan surat rekomendasinya. Kalau sudah ada bisa kami ikutkan di seleksi,” terangnya.

Baca juga: Pendaftaran Pascasarjana UGM Kembali Dibuka, Berapa Biaya Kuliah untuk S2?

Program ini terbuka bagi alumni yang baru saja lulus ataupun alumni yang sudah bekerja. Diharapkan, program ini dapat mendukung peningkatan karier alumni dalam menghadapi dunia kerja maupun bidang profesional lainnya.

Persyaratan untuk Jalur Reguler


Calon mahasiswa pascasarjana Unpad harus melampirkan sertifikat TKA dan TKBI dari lembaga yang diakui Unpad. Untuk sertifikat TKA diperoleh dari Pusat Inovasi Psikologi Unpad atau lembaga yang diakui Unpad dengan nilai minimal 450 untuk S-2 dan 500 untuk Doktor.

Sementara untuk nilai minimal Tes Kemampuan Bahasa Inggris adalah 450 untuk S-2 dan 500 untuk Doktor. “Peserta harus diperhatikan, karena ada beberapa program studi yang aplikatif (applied science). Untuk prodi yang aplikatif, TKA dan TKBI masih diperlukan tetapi tidak ada batas minimalnya,” urainya.

Anas menuturkan, bagi peserta yang belum terpanggil di sesi 1 akan diikutkan di sesi kedua dengan melengkapi semua kekurangan persyaratan pendaftaran.

Informasi mengenai kekurangan persyaratan pendaftaran dapat dilihat di akun masing-masing peserta saat melakukan pendaftaran. Jika seluruh persyaratan dilengkapi, peserta akan dilakukan pemanggilan di masa seleksi sesi 2.

“Demikian juga kalau sesi 2 belum, masih ada kesempatan di sesi 3. Kalau di sesi 3 masih belum lengkap, maka kami nyatakan belum lulus,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)