Mengenal Jurusan Teknik Sipil, Mata Kuliah, Pentingnya Jurusan Teknik Sipil dan Peluang Kerjanya

Selasa, 31 Oktober 2023 - 12:06 WIB
loading...
Mengenal Jurusan Teknik Sipil, Mata Kuliah, Pentingnya Jurusan Teknik Sipil dan Peluang Kerjanya
Saat ini jurusan teknik sipil banyak diincar calon mahasiswa karena masa depan lulusannya yang disebut-sebut sangat menjanjikan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini informasi mengenai jurusan teknik sipil mulau dari mata kuliah yang dipelajari, alasan pentingnya memilih jurusan teknik sipil hinga peluang kariernya di masa depan.

Teknik Sipil merupakan suatu bidang ilmu yang secara khusus mempelajari bagaimana perencanaan atau perancangan, manajemen atau pengelolaan, manufaktur, hingga konservasi dari berbagai fasilitas serta sistem demi mendukung sebuah kota, pedesaan, dan juga perkotaan.

Saat ini jurusan teknik sipil banyak diincar calon mahasiswa karena masa depan lulusannya yang disebut-sebut sangat menjanjikan. Artikel kali ini akan membahas seputar jurusan teknik sipil mulai dari mata kuliah yang dipalajari, pentingnya memilih jurusan teknik sipil serta peluang karier jurusan teknik sipil, simak ya!

Mengenal Seperti Apa Jurusan Teknik Sipil


Secara sederhana, nantinya seorang lulusan jurusan Teknik Sipil lebih kurang akan menguasai ilmu mengenai desain yang didapatkan saat melakukan perancangan, kemampuan konstruksi yang didapat ketika melakukan pembangunan atau menyusun sistem pengelolaan, dan pemeliharaan lingkungan yang diperoleh saat melihat berbagai dampak pembangunan dari beberapa aspek yang mengelilinginya.

Jenis bangunan yang biasanya akan ditangani oleh para lulusan Teknik Sipil tersebut meliputi beberapa bangunan di antaranya adalah jalan raya, gedung perkantoran, stasiun, jembatan, bandara, komplek perumahan, dan berbagai fasilitas umum lain yang mungkin pernah kamu temui.

Oleh sebab itu, berbagai topik pada penelitian mahasiswa jurusan satu ini juga dapat dibilang cukup beragam. Contohnya desain jalan atau jembatan dan bantaran sungai atau tepi laut. Beberapa ilmu dan keterampilan yang akan kamu dapatkan jika memilih jurusan Teknik Sipil di antaranya adalah:

• Kemampuan untuk berpikir dengan logis.

• Kemampuan membuat analisis dengan cermat.

• Kemampuan mendesain yang baik.

• Kemampuan komunikasi dengan baik.

• Kemampuan melakukan perencanaan dan perancangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3510 seconds (0.1#10.140)