Mengenal Pengertian, Struktur, dan Contoh Teks Cerita Inspiratif

Selasa, 31 Oktober 2023 - 16:24 WIB
loading...
Mengenal Pengertian, Struktur, dan Contoh Teks Cerita Inspiratif
Teks Cerita inspiratif memiliki tujuan memotivasi dan memberikan semangat kepada pembacanya. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks Cerita Inspiratif merupakan jenis narasi yang memiliki latar belakang perjuangan dan menjadikan kisah tersebut terlihat inspiratif dan memiliki makna. Teks Cerita inspiratif memiliki tujuanmemotivasi dan memberikan semangat kepada pembacanya.

Teks Cerita Inspiratif juga seringkali mengandung pesan moral dan nilai positif seperti kegigihan, kerja keras, tekun, kebaikan, dan semangat pantang menyerah kepada pembacanya.

Teks Cerita Inspiratif juga dirancang untuk mendorong pembacanya agar terus mengejar mimpi mereka dan mengejar tujuan hidup yang lebih besar.

Untuk lebih mengenal Teks Cerita Inspiratif, berikut penjelasan mengenai pengertian, struktur, dan contoh Teks Cerita Inspiratif.

Pengertian Teks Cerita Inspiratif


Teks Cerita Inspiratif menurut KBBI adalah ilham. Teks Cerita Inspiratif merupakan bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ide atau gagasan yang dapat memperoleh semagat untuk mencapai tujuan atau cita-cita yang diharapkan.

Teks Cerita Inspiratif dapat dijadikan bahan rujukan belajar untuk para siswa atau pelajar. Teks Cerita Inspiratif dapat diperoleh dari pengalaman seseorang atau cerita nyata, dan dapat juga berupa cerita fiksi yang mengandung pesan moral.

Baca juga: 10 Contoh Teks MC Informal Berbagai Acara, Ice Breaking untuk Cairkan Suasana

Struktur Teks Cerita Inspiratif

1. Orientasi


Bagian awal adalah Orientasi. Dalam orientasi terdapat bagian yang berisikan pendahuluan, pengenalan tokoh utama, pengenalan latar belakang,, dan pengenalan subjek utama cerita. Tujuan dari pengenalan ini adalah agar pembaca dapat tertaik dengan cerita inspiratif tersebut.

2. Komplikasi


Dalam Teks Cerita Inspiratif seringkali mencakup konflik atau masalah yang harus diatasi oleh tokoh utamanya. Dalam kompilasi ini adalah tahap pemunculan berbagai masalah. Komplikasi berkaitan dengan masalah yang dialami oleh tokoh.

3. Resolusi


Resolusi merupakan bagian dari Teks Cerita Inspiratif yang berhasil mengatasi rintangan dan mencapai tujuannya. Isi dari resolusi bisa seperti keberhasilan, pencapaian besar dan perubahan positif.

4. Koda


Koda merupakan kesimpulan atau akhir dari Cerita Inspiratif. Dalam Koda terdapat kalimat yang memberikan inspirasi serta semangat untuk para pembacanya. Sehingga para pembaca dapat memetik nilai-nilai untuk diteladani dalam kehidupan.

Contoh Teks Cerita Inspiratif

1. Contoh Teks Cerita Inspiratif Berjudul Keledai dan Tuannya


Suatu hari, ada seorang pria dan keledainya yang jatuh ke lubang yang cukup dalam. Si pria bisa keluar dari lubang tersebut. Namun, ia tidak bisa menarik keledai tersebut keluar. Meski begitu, pria tersebut tetap berusaha mencarinya. Hingga akhirnya, ia memilih untuk mengubur keledainya hidup-hidup.

Tanah itu pun ditimbun ke lubang tempat keledai berada. Ketika si keledai tertimpa tanah, ia pun mulai menggoyangkan tubuhnya untuk menjatuhkan tanah yang ada di atas tubuhnya. Lalu secara perlahan keledai tersebut melangkah di atas tanah tersebut.

Keledai itu pun mengibaskan kembali tubuhnya dan menaiki tanah yang ditimbun itu. Sebab semakin tanah ditimbun, maka semakin tinggi tanah tersebut sehingga keledai bisa naik.

Akhirnya ketika waktu sudah menuju sore hari, keledai itu bisa keluar dari lubang dan mulai makan rumput di padang rumput yang hijau.

Setelah banyak mengibaskan masalah, dan mulai melangkah, maka suatu saat ketika terlepas dari masalah, kamu akan mampu merumput di padang rumput hijau. Dalam hal ini, kamu akan mampu meraih apa yang sedang dimimpikan.

2. Contoh Teks Cerita Inspiratif Berjudul Menebang Kayu


Suatu ketika, seorang pemuda yang sangat kuat meminta pekerjaan pada seorang saudagar kayu, dan dia mendapatkannya. Upah yang ditawarkan sesuai keinginannya, lokasi pekerjaannya pun dekat dengan rumahnya. Oleh karena itu, sang pemuda bertekad untuk bekerja dengan sungguh-sungguh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2384 seconds (0.1#10.140)