Mengenal Pengertian, Struktur, dan Contoh Teks Cerita Inspiratif

Selasa, 31 Oktober 2023 - 16:24 WIB
loading...
Mengenal Pengertian, Struktur, dan Contoh Teks Cerita Inspiratif
Teks Cerita inspiratif memiliki tujuan memotivasi dan memberikan semangat kepada pembacanya. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks Cerita Inspiratif merupakan jenis narasi yang memiliki latar belakang perjuangan dan menjadikan kisah tersebut terlihat inspiratif dan memiliki makna. Teks Cerita inspiratif memiliki tujuanmemotivasi dan memberikan semangat kepada pembacanya.

Teks Cerita Inspiratif juga seringkali mengandung pesan moral dan nilai positif seperti kegigihan, kerja keras, tekun, kebaikan, dan semangat pantang menyerah kepada pembacanya.

Teks Cerita Inspiratif juga dirancang untuk mendorong pembacanya agar terus mengejar mimpi mereka dan mengejar tujuan hidup yang lebih besar.

Untuk lebih mengenal Teks Cerita Inspiratif, berikut penjelasan mengenai pengertian, struktur, dan contoh Teks Cerita Inspiratif.

Pengertian Teks Cerita Inspiratif


Teks Cerita Inspiratif menurut KBBI adalah ilham. Teks Cerita Inspiratif merupakan bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ide atau gagasan yang dapat memperoleh semagat untuk mencapai tujuan atau cita-cita yang diharapkan.

Teks Cerita Inspiratif dapat dijadikan bahan rujukan belajar untuk para siswa atau pelajar. Teks Cerita Inspiratif dapat diperoleh dari pengalaman seseorang atau cerita nyata, dan dapat juga berupa cerita fiksi yang mengandung pesan moral.

Baca juga: 10 Contoh Teks MC Informal Berbagai Acara, Ice Breaking untuk Cairkan Suasana

Struktur Teks Cerita Inspiratif

1. Orientasi


Bagian awal adalah Orientasi. Dalam orientasi terdapat bagian yang berisikan pendahuluan, pengenalan tokoh utama, pengenalan latar belakang,, dan pengenalan subjek utama cerita. Tujuan dari pengenalan ini adalah agar pembaca dapat tertaik dengan cerita inspiratif tersebut.

2. Komplikasi


Dalam Teks Cerita Inspiratif seringkali mencakup konflik atau masalah yang harus diatasi oleh tokoh utamanya. Dalam kompilasi ini adalah tahap pemunculan berbagai masalah. Komplikasi berkaitan dengan masalah yang dialami oleh tokoh.

3. Resolusi


Resolusi merupakan bagian dari Teks Cerita Inspiratif yang berhasil mengatasi rintangan dan mencapai tujuannya. Isi dari resolusi bisa seperti keberhasilan, pencapaian besar dan perubahan positif.

4. Koda


Koda merupakan kesimpulan atau akhir dari Cerita Inspiratif. Dalam Koda terdapat kalimat yang memberikan inspirasi serta semangat untuk para pembacanya. Sehingga para pembaca dapat memetik nilai-nilai untuk diteladani dalam kehidupan.

Contoh Teks Cerita Inspiratif

1. Contoh Teks Cerita Inspiratif Berjudul Keledai dan Tuannya


Suatu hari, ada seorang pria dan keledainya yang jatuh ke lubang yang cukup dalam. Si pria bisa keluar dari lubang tersebut. Namun, ia tidak bisa menarik keledai tersebut keluar. Meski begitu, pria tersebut tetap berusaha mencarinya. Hingga akhirnya, ia memilih untuk mengubur keledainya hidup-hidup.

Tanah itu pun ditimbun ke lubang tempat keledai berada. Ketika si keledai tertimpa tanah, ia pun mulai menggoyangkan tubuhnya untuk menjatuhkan tanah yang ada di atas tubuhnya. Lalu secara perlahan keledai tersebut melangkah di atas tanah tersebut.

Keledai itu pun mengibaskan kembali tubuhnya dan menaiki tanah yang ditimbun itu. Sebab semakin tanah ditimbun, maka semakin tinggi tanah tersebut sehingga keledai bisa naik.

Akhirnya ketika waktu sudah menuju sore hari, keledai itu bisa keluar dari lubang dan mulai makan rumput di padang rumput yang hijau.

Setelah banyak mengibaskan masalah, dan mulai melangkah, maka suatu saat ketika terlepas dari masalah, kamu akan mampu merumput di padang rumput hijau. Dalam hal ini, kamu akan mampu meraih apa yang sedang dimimpikan.

2. Contoh Teks Cerita Inspiratif Berjudul Menebang Kayu


Suatu ketika, seorang pemuda yang sangat kuat meminta pekerjaan pada seorang saudagar kayu, dan dia mendapatkannya. Upah yang ditawarkan sesuai keinginannya, lokasi pekerjaannya pun dekat dengan rumahnya. Oleh karena itu, sang pemuda bertekad untuk bekerja dengan sungguh-sungguh.

Akhirnya, saudagar memberinya kapak dan menunjukkan area tempat penebangannya. Hari pertama penebang pohon membawa 21 batang pohon. "Wah, hebat kamu kuat sekali, bisa membawa pulang kayu sebanyak ini dalam satu hari," kata saudagar kayu yang merupakan atasannya sekarang.

Termotivasi oleh perkataan itu, sang pemuda menebang kayu dengan usaha yang lebih keras keesokan harinya. Tetapi, hari itu ia hanya bisa membawa 17 batang pohon. Hari ketiga dia berusaha lebih keras lagi, tapi dia hanya bisa membawa 10 pohon. Hari demi hari, pohonnya makin berkurang. "Aku pasti telah kehilangan kekuatanku", pikir penebang kayu itu.

Dia menghadap kepada saudagar kayu dan meminta maaf, mengatakan bahwa dia tidak mengerti apa yang sedang terjadi. "Kapan terakhir kali kau mengasah kapak yang kau gunakan?" tanya bos itu. "Mempertajam? Saya tidak punya waktu untuk mengasah kapak saya. Saya sangat sibuk mencoba menebang pohon."

Baca juga: 20 Contoh Teks Negosiasi di Sekolah Bersama Teman

Terkadang bekerja keras saja tidak cukup untuk mencapai kesuksesan. Kita juga harus bekerja dengan cerdas! Pemuda itu sebetulnya memiliki potensi yang hebat untuk memotong kayu. Sayangnya, ia tidak memiliki sikap yang tepat untuk dapat berhasil dalam tugas khusus ini. Melalui kerja keras dan sikap yang cerdas, tidak ada yang mustahil dalam hidup ini.

3. Contoh Teks Cerita Inspiratif Berjudul Menjadi Diri Sendiri


Tak perlu menjadi siapa-siapa, tetaplah jadi diri sendiri karena setiap orang itu unik dengan kehidupan yang masing-masing mereka jalani. Begitulah kiranya kisah perjalanan seorang manusia untuk menemukan dirinya sendiri.

Namun, tak demikian kenyataannya, menemukan diri sendiri atau bahkan mencintai diri sendiri bukanlah perkara mudah. Aku selalu merasa takut menjadi diri sendiri karena aku tahu betul seberapa buruk diriku ini.

Sering aku mengecewakan orang-orang yang berharap kepadaku, sebab aku tak sanggup mengizinkan mereka masuk ke duniaku. Setiap ada yang berusaha mendekat, detik itu pula aku menghapus keberadaanku dari kehidupan mereka.

Namun, tidak demikian di hadapan orang yang baru aku kenal ini. Ia menyadarkanku bahwa menjadi diri sendiri bukanlah sebuah kesalahan. “Tetaplah jadi dirimu sendiri, tapi kamu harus tahu bagaimana cara mengendalikannya,” begitu katanya.

Tak perlu takut menjadi diri sendiri, sebab ketika kamu melakukannya, kamu bisa menembus batas-batas dirimu dan menjadi lebih baik.

4. Contoh Teks Cerita Inspiratif Berjudul Petani dan Tukang Roti


Ada seorang petani yang sering menjual mentega ke seorang tukang roti. Si petani juga rutin membeli satu pon roti dari tukang roti itu.
Suatu hari, tukang roti menimbang mentega yang ia beli dari si petani untuk mengetahui apakah ia mendapatkan jumlah yang sesuai dengan permintaannya.

Ia mendapati bahwa jumlahnya kurang. Jadi, ia membawa petani itu ke pengadilan. Hakim menanyakan takaran apa yang digunakan untuk menimbang mentega kepada si petani. Petani itu mengatakan bahwa ia adalah seorang primitif, sehingga ia tidak memiliki takaran untuk menimbang menteganya.

Hakim pun bertanya, “Lalu bagaimana Anda menimbangnya?”
Petani itu menjawab, “Yang Mulia, jauh sebelum tukang roti itu mulai membeli mentega saya, saya telah membeli satu pon rotinya. Setiap saat ia membawakan roti, saya menimbangkannya dan memberikan mentega dengan berat yang sama. Jadi, jika memang ada yang harus disalahkan, itu adalah si tukang roti.”

Dari cerita teks inspiratif di atas, dapat ditarik pembelajaran bahwa di dalam kehidupan, kamu akan mendapatkan apa yang kamu berikan. Jadi, jangan pernah coba menipu orang lain.

5. Contoh Teks Cerita Inspiratif Berjudul Pagar yang Berlubang


Seorang anak kecil yang pemarah tinggal bersama ayahnya yang mulai muak dengan sikapnya. Ingin memberi pelajaran, sang ayah akhirnya memberikan sekantong paku. Setiap anak itu marah, ia harus menancapkan satu paku ke pagar.

Di hari pertama, anak itu menancapkan 37 paku. Beberapa hari kemudian ia mulai sadar bahwa lebih mudah untuk mengendalikan amarahnya daripada menancapkan banyak paku di pagar. Maka ia mulai bisa mengendalikan amarahnya, terlebih lagi beberapa minggu ke depannya

Baca juga: 10 Contoh Teks Induktif dengan Berbagai Topik dan Tema

Akhirnya, tibalah saatnya anak itu tidak marah sama sekali. Ia pun memberitahu ayahnya. Kemudian sang ayah menyarankannya untuk melepaskan paku-paku yang telah tertancap itu agar amarahnya semakin terkendali lagi.

Hari-hari pun berlalu, akhirnya anak itu bisa memberitahu ayahnya bahwa semua paku telah terlepas. Sang ayah mengajaknya ke pagar itu.

Saat sampai di depan pagar, sang ayah berkata, "Kamu berhasil melakukannya, Nak, tetapi lihat lubang-lubangnya. Kini pagar itu berbekas dan tak akan menjadi sama lagi. Begitu pula ketika kamu menancapkan amarah kepada orang lain."

Tak peduli berapa kali Anda minta maaf, hati orang yang Anda marahi akan tetap terluka. Jadi, kendalikan emosimu, jangan sampai Anda menyesal karena sesuatu yang Anda katakan ketika sedang marah dan tak bisa berpikir jernih. Jadi, ketika Anda ingin marah, tenangkan dulu dirimu agar bisa berpikir jernih dan menemukan solusi terbaik.

6. Contoh Teks Cerita Inspiratif Berjudul Gajah yang Diikat Tali


Seorang lelaki berjalan melewati kamp gajah, dia menemukan gajah itu tidak disimpan di dalam kandang atau diikat menggunakan tali. Semua yang menahan mereka untuk keluar dari kamp, adalah hanya seutas tali yang diikat ke satu di antara kaki mereka.

Ketika lelaki itu memandangi gajah itu, dia benar-benar bingung mengapa gajah itu tidak hanya menggunakan kekuatannya untuk memutus tali untuk melarikan diri dari kemah.
Mereka dapat melakukan ini dengan mudah, tetapi sebaliknya mereka tidak bekerja keras sama sekali. Karena penasaran dan ingin tahu jawabannya, ia bertanya kepada pelatih di dekatnya mengapa gajah itu hanya berdiri di sana dan tidak pernah mencoba melarikan diri.

Kemudian pelatih itu menjawab, “Ketika mereka kecil, kami mengikat mereka ke masa kini dengan seutas tali berukuran sama. Makin besar gajah, mereka masih percaya bahwa mereka tidak dapat melarikan diri dari tali dan dapat menangkapnya sehingga mereka tidak pernah mencoba untuk melarikan diri.”

Satu-satunya alasan gajah tidak bisa melarikan diri dari kamp adalah karena mereka pikir itu tidak mungkin terjadi seiring waktu.

Jadi, pesan moralnya yaitu tidak peduli berapa banyak dunia berusaha untuk menghentikan Anda, selalu percaya bahwa apa yang ingin Anda capai adalah mungkin. Percaya bahwa Anda bisa sukses adalah langkah paling penting untuk mencapai kesuksesan.

7. Contoh Teks Cerita Inspiratif Berjudul Michael Jordan


Kisah ini menceritakan seorang anak bernama Jordan. Sejak kecil, ia sudah tertarik dalam bidang olahraga, yaitu bermain basket. Ini adalah salah satu cabang olahraga yang selalu dia cita-citakan.

Ketika masih SMA, ia pernah ditolak untuk ikut tes masuk tim basket di sekolahnya. Alasannya karena badannya yang terlalu pendek. Bukan hanya itu saja, ia juga dinilai kurang mahir dalam permainan ini.

Jordan sangat sedih mendengar hal itu, namun ia tidak pernah menyerah. Ia selalu berlatih dengan rutin setiap harinya di rumah. Bukan hanya mengatasi masalah tekniknya, namun ia juga melatih fisiknya dengan disiplin setiap harinya. Hingga beberapa tahun berikutnya, ia pun kembali mengikuti tes di sekolahnya dan akhirnya diterima.

Pada kompetisi SMA di tahun 1981, Jordan pun akhirnya membuktikan kerja kerasnya selama ini. Pada game pertamanya, ia berhasil mencetak 40 angka. Bahkan, ia mampu meraih rekor yang mengesankan. Dimana mendapat rata-rata 25 angka per game serta memenangkan kompetisi SMA di tahun yang sama juga.

Tapi, ia pensiun tahun 2003 dan tercatat sebagai satu dari pemain yang mampu mencetak angka terbanyak kedua di dalam satu musim. Saat ini, Jordan menjadi pemilik klub NBA, pebisnis, juga salah satu legenda basket sepanjang masa.

8. Contoh Teks Cerita Inspiratif Berjudul Kuliah atau Kerja


Rival adalah lulusan SMK jurusan Teknik Mesin. Ibunya bekerja sebagai pedagang nasi kuning, sedangkan ayahnya adalah kuli bangunan. Rencananya, setelah lulus Rival ingin sekali masuk ke jenjang perkuliahan agar bisa mendapatkan gelar ijazah untuk bekerja nantinya.

Namun, beberapa waktu lalu, orang tua Rival memintanya untuk bekerja. Apalagi adiknya masih kelas 6 SD dan membutuhkan biaya besar karena tahun depan, adiknya masuk ke jenjang SMP.
Hal inilah yang membuat Rival dilanda pilihan berat. Karena sebenarnya, Rival ingin kuliah dan belum siap jika harus bekerja.

Setelah itu, Rival melamar ke sejumlah pabrik yang ada di dekat rumahnya. Bahkan, dia juga mengirimkan lamaran pekerjaan di luar kota, namun belum juga mendapatkan panggilan.

Akhirnya, saat sedang galau, Rival memutuskan untuk bermain ke beberapa teman sekolah dulu untuk menanyakan lowongan pekerjaan.

Tibalah di rumah Rudi, salah satu teman sekelasnya dulu. Rudi kini bekerja bersama ayahnya, salah satu orang pemilik pabrik besar. Kebetulan, di pabrik ayah Rudi sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi beberapa lowongan yang kosong.

Keesokan harinya, Rival diminta datang ke pabrik milik ayah Rudi. Setelah ada interview singkat, akhirnya Rival diterima bekerja di pabrik. Ayah Rudi juga sangat baik dan sangat memahami kondisi keluarga Rival.

Beberapa bulan setelah bekerja, akhirnya Rival bisa menabung dari gaji yang sudah ia kumpulkan. Biaya sekolah adiknya bisa ditanggung, dan bisa menyisihkan uang untuk membayar biaya pendaftaran kuliah. Akhirnya pada tahun berikutnya, Rival bisa bekerja sambil kuliah setelah memiliki penghasilan sendiri.

MG/Kalyca Keysha Alfiani
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3534 seconds (0.1#10.140)