9 Kampus Luar Negeri yang Menyediakan Jurusan Kuliah Bahasa Indonesia, dari Australia sampai Ukraina

Rabu, 01 November 2023 - 13:25 WIB
loading...
9 Kampus Luar Negeri yang Menyediakan Jurusan Kuliah Bahasa Indonesia, dari Australia sampai Ukraina
Ada beberapa kampus di luar negeri yang menyediakan jurusan kuliah Bahasa Indonesia. Salah satunya University of Southern Queensland di Australia. Foto/Global Hub Educational Network
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah Bahasa Indonesia ternyata tidak hanya tersedia di dalam negeri saja. Ada beberapa kampus di luar negeri yang menyediakan program studi tersebut.

Penerapan jurusan kuliah Bahasa Indonesia untuk beberapa kampus di luar negeri ini memiliki beberapa alasan. Salah satunya karena ketertarikan mereka untuk mempelajari lebih dalam tentang kondisi sosial masyarakat Indonesia.

Dengan meningkatnya minat belajar bahasa Indonesia di luar negeri, bukan tidak mungkin jika di masa depan bahasa Indonesia dapat dijadikan bahasa pergaulan di beberapa negara.

Kampus Luar Negeri yang Menyediakan Jurusan Kuliah Bahasa Indonesia


1. University of Southern Queensland


Kampus yang ada di Australia menyediakan jurusan Bahasa Indonesia yang dipelajari dalam program Bachelor of Arts (Indonesian Language). Pembelajaran bahasa ini tidak melulu menggunakan media buku saja, namun juga majalah dan media populer lain.

2. Tokyo University of Foreign Studies


Perguruan tinggi asal Negeri Sakura ini menyediakan 26 bahasa asing yang diajarkan, di mana salah satunya adalah bahasa Indonesia. Jurusan Bahasa Indonesia termasuk dalam prodi Asia Tenggara bersama dengan tujuh bahasa lainnya.



Selain Tokyo University of Foreign Studies, universitas di Jepang yang membuka prodi bahasa Indonesia antara lain, Universitas Kajian Asing Tokyo, Universitas Tenri, Universitas Kajian Asing Osaka, Universitas Sango Kyoto, dan Universitas Setsuna.

3. Hankuk University of Foreign Studies


Universitas asal Negeri Gingseng ini juga menyediakan jurusan khusus mempelajari bahasa Indonesia dalam Department of Malay Indonesia di College Oriental Language, dan Department of Malay Indonesia Interpretation College of Interpretation and Translation.

4. Hong Bang University


Beralih ke negara tetangga, ada Vietnam yang menyediakan prodi bahasa Indonesia. Ini berkaitan dengan pemerintah Kota Ho Chi Minh yang secara resmi mengumumkan bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua.

5. Universitas Mohammed V


Maroko juga menjadi negara yang menyediakan prodi bahasa Indonesia untuk salah satu universitasnya. Dalam universitas Mohammed V, bahasa Indonesia menjadi mata kuliah pilihan. Adapun dosen yang mengajar di sana adalah dosen dari Universitas Negeri Jakarta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)