Bingung Pilih Prodi? Ini 7 Alasan Kenapa Kuliah di Jurusan Teknologi Pangan Sangat Penting

Kamis, 02 November 2023 - 12:22 WIB
loading...
Bingung Pilih Prodi? Ini 7 Alasan Kenapa Kuliah di Jurusan Teknologi Pangan Sangat Penting
Salah satu kelebihan jurusan teknologi pangan adalah berstandar internasional mengingat seluruh teknologi dan prosedur kerjanya harus mengikuti standar ahli pangan internasional. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 alasan kenapa kuliah di jurusan Teknologi Pangan sangat penting.Belakangan ini jurusan atau program studi (prodi) teknologi pangan sedang mengalami perkembangan pesat dari tahun ke tahun.

Faktor kekayaan alam Indonesia dan perkembangan teknologi yang semakin modern disebut membuat jurusan teknologi pangan menjadi jurusan incaran para siswa/siswa yang baru lulus SMA atau SMK.

Namun apakah memang jurusan teknologi pangan ini cocok untuk semua siswa yang baru lulus SMA atau SMK? Apakah jurusan ini memiliki peluang yang bagus untuk zaman sekarang? Untuk menjawabnya, artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 7 alasan kenapa kuliah di jurusan teknologi pangan merupakan langkah tepat.

7 Alasan Kenapa Kuliah di Jurusan Teknologi Pangan Sangat Penting


1. Jurusan berstandar internasional


Tidak seperti kebanyakan jurusan lainnya, jurusan teknologi pangan hanya disediakan oleh kuliah yang sudah berstandar internasional, mengingat seluruh teknologi dan prosedur kerjanya harus mengikuti standar oleh para ahli pangan internasional.
Sehingga jurusan teknologi sangat cocok bagi calon mahasiswa yang sedang mencari gengsi ketika melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi dan ingin mendapat kerja yang lebih mudah ketika sudah lulus kuliah.

2. Prospek kerja sangat luas


Lulusan jurusan teknologi akan memiliki pilihan prospek kerja sangat luas karena perusahaan yang bergerak dalam pengelolaan bahan pangan sedang mengalami perkembangan pesat.

Sehingga untuk memperlancar jalanya perkembangan perusahaan itu, perusahaan pangan zaman sekarang akan selalu membutuhkan mahasiswa lulusan jurusan teknologi pangan.

Terdapat banyak prospek kerja yang bisa dipilih oleh mahasiswa yang sudah lulus antara lain peneliti di lembaga pemerintah atau swasta, quality control, konsultan pangan dan gizi, pengembang produk pangan, PNS (Pegawai Negeri Sipil), dan masih banyak lagi.

3. Gaji yang menggiurkan


Walaupun prospek kerja ini sering digambarkan seperti orang yang kerja di lab saja atau sebatas peneliti, jangan salah karena gaji yang ditawarkan lulusan jurusan teknologi pangan cukup menggiurkan. Karyawan yang baru masuk kerja diperkirakan bisa meraih gaji sekitar Rp4 sampai 5 juta dan untuk mereka yang berlevel menengah sampai profesional, bisa meraih gaji di atas 10 juta.


4. Cocok bagi yang suka bereksperimen hal baru


Jurusan teknologi pangan ini cocok bagi mahasiswa yang suka mencoba hal baru. Materi yang ada di jurusan teknologi pangan akan selalu menekankan para mahasiswanya untuk mencoba sesuatu hal baru karena siapa tahu mahasiswa bisa menghasilkan produk pangan baru yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai terobosan baru dalam pasar pangan.

5. Mempelajari segala hal tentang pangan


Jurusan ini memberikan kesempatan kepada para pesertanya untuk mempelajari segala hal tentang ilmu pangan. Mulai dari penyimpanan bahan pangan, pengolahan bahan pangan, pengemasan, pemasaran produk pangan, bahkan hal yang berkaitan dengan pertanian.

Selain itu, jurusan teknologi pangan juga menawarkan cabang ilmu khusus seperti ilmu gizi, teknologi industri pertanian, dan food safety sehingga para mahasiswanya bisa mengembangkan minat mereka sendiri.

6. Diarahkan untuk menjadi entrepreneur


Saat ini, Indonesia sedang membutuhkan banyak pengusaha muda untuk mengembangkan industri pangan. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas jurusan teknologi pangan untuk mengarahkan mahasiswanya untuk memiliki sifat-sifat yang diperlukan untuk menjadi seorang entrepreneur.

7. Masa depan cerah


Bagi mereka yang memilih jurusan teknologi pangan, maka dapat dipastikan kalau mereka akan memiliki masa depan menjanjikan karena seperti yang diketahui semua orang, hasil pangan merupakan kebutuhan wajib yang tidak akan ketinggalan zaman.

Selain itu, prospek kerja yang ditawarkan oleh jurusan ini juga terbilang aman karena selama manusia masih hidup di planet ini, kontribusi dari mahasiswa lulusan jurusan teknologi pangan akan selalu dicari.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5653 seconds (0.1#10.140)