Begini Cara Menulis Surat Lamaran untuk Posisi Entry Level

Jum'at, 03 November 2023 - 17:22 WIB
loading...
Begini Cara Menulis Surat Lamaran untuk Posisi Entry Level
Surat lamaran menjadi bagian penting dari proses melamar kerja. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Surat lamaran menjadi bagian penting dari proses melamar kerja . Terutama jika kalian melamar untuk posisi entry level.

Surat lamaran menjadi titik kontak pertama sang pelamar kerja dengan calon pemberi kerja. Oleh karena itu surat lamaran harus dibuat seprofesional mungkin untuk memberi kesan positif.

Setiap perusahaan akan meminta Anda mengirimkan resume Anda; surat lamaran secara harfiah "menutupi" resume. Ini juga merupakan alat untuk mengekspresikan kepribadian, antusiasme, dan pengetahuan Anda kepada calon atasan Anda. Meskipun resume Anda pendek, surat lamaran Anda dapat menggantikannya dan memberi Anda kesempatan wawancara.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini cara menulis surat lamaran untuk posisi entry level.

3 Format Surat Lamaran


Saat menulis surat lamaran, ada tiga format utama yang perlu dipertimbangkan: standar, disesuaikan, dan kreatif. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung pada industri, posisi, dan pemberi kerja.

Baca juga: Telkom University Jakarta Buka Lowongan Dosen Tetap, Daftar Sekarang

Format standarnya sederhana dan profesional, dengan pendahuluan, isi, dan kesimpulan yang menonjolkan kualifikasi dan pencapaian Anda. Sangat cocok untuk sebagian besar posisi entry level di bidang formal atau konservatif.

Format yang disesuaikan menyesuaikan dengan pekerjaan dan perusahaan tertentu dengan menggunakan kata kunci, frasa, dan contoh yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan dan nilai-nilai perusahaan, yang menunjukkan riset Anda terhadap peran tersebut.

Terakhir, format kreatif itu surat lamaran yang dibuat dengan tata letak yang unik dan tidak sesuai pakem, gaya, atau pemakaian warna yang unik untuk menarik perhatian manajer perekrutan. Ini bisa efektif untuk posisi entry level di bidang kreatif atau inovatif seperti pemasaran atau desain.

Bagaimana Memilih Format Terbaik?


Saat memilih format terbaik untuk surat lamaran Anda, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor, seperti industri dan budaya perusahaan. Meneliti industri dan perusahaan secara online atau memeriksa situs web, media sosial, atau blog mereka dapat memberikan wawasan tentang gaya dan gaya mereka.

Selain itu, posisi dan persyaratan pekerjaan harus dipertimbangkan ketika memutuskan format surat lamaran. Membaca deskripsi pekerjaan atau berbicara dengan seseorang yang bekerja di peran yang sama dapat membantu dalam hal ini.

Baca juga: Bank Indonesia Buka Lowongan Calon PCPM, Lulusan dari 17 Jurusan Kuliah Ini Dibutuhkan

Terakhir, Anda harus mengetahui siapa yang akan membaca surat lamaran Anda; beberapa manajer perekrutan dan audiens lebih terbuka terhadap format yang berbeda sementara yang lain lebih ketat. Jika Anda tidak yakin, sapaan umum seperti "Manajer Perekrutan yang Terhormat" atau "Kepada Yang Berkepentingan" adalah pilihan yang aman.

Cara Menulis Surat Lamaran yang Efektif


Buatlah surat lamaran yang singkat dan ringkas, tidak lebih dari satu halaman, dengan tiga atau empat paragraf. Selain itu sesuaikan surat lamaran dengan setiap pekerjaan, soroti nilai dan potensi Anda dengan penekanan kepada kekuatan, keterampilan, dan pencapaian Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)