Riwayat Pendidikan Anwar Usman, Ketua MK yang Keputusannya Membuat Gibran Bisa Jadi Cawapres

Sabtu, 04 November 2023 - 21:08 WIB
loading...
Riwayat Pendidikan Anwar Usman, Ketua MK yang Keputusannya Membuat Gibran Bisa Jadi Cawapres
Riwayat pendidikan Ketua MK Anwar Usman. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Riwayat pendidikan Anwar Usman cukup mentereng hingga akhirnya bisa duduk di kekuasaan tertinggi Mahkamah Konstitusi (MK). Anwar Usman mulai menjabat sebagai Ketua MK sejak 2 April 2018, menggantikan pendahulunya Arief Hidayat.

Baru-baru ini, putusan MK terkait batas usia calon presiden dan calon wakil presiden menjelang Pemilu 2024 tengah menjadi sorotan. Dengan putusan tersebut, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang kini berusia 36 tahun bisa maju di Pilpres 2024.

Lantas, bagaimana riwayat pendidikan Anwar Usman? Berikut ulasannya.

Riwayat Pendidikan Anwar Usman


Dikutip dari laman resmi MK Republik Indonesia, Anwar Usman lahir pada 31 Desember 1956. Dia berasal dari Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Bima, Nusa Tenggara Barat.



Pada jenjang sekolah dasar, Anwar Usman bersekolah di SDN 03 Sila. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolah dasar, pada 1969 Anwar meninggalkan tanah kelahirannya untuk melanjutkan pendidikan ke Sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) selama 6 tahun hingga 1975.

Selama sekitar enam tahun hidup terpisah dari orang tua, Anwar banyak belajar tentang disiplin dan kemandirian.

Setelah lulus, atas restu Ayahanda (Alm.) Usman A. Rahim beserta Ibunda Hj. St. Ramlah, Anwar merantau lebih jauh lagi ke Jakarta dan langsung menjadi guru honorer pada SD Kalibaru.

Saat menjadi guru di SD Kalibaru, dia juga melanjutkan studinya ke tingkat Sarjana (S1) di Fakultas Hukum Universitas Islam Jakarta, dan berhasil menyelesaikannya pada tahun 1984.

Dikenal sebagai sosok yang sederhana, Anwar Usman menganggap pencapaian kariernya saat dirinya berhasil terjun di dunia Mahkamah Konstitusi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2807 seconds (0.1#10.140)