Personal Letter: Pengertian, Struktur, dan Contoh

Minggu, 05 November 2023 - 09:50 WIB
loading...
Personal Letter: Pengertian, Struktur, dan Contoh
Struktur personal letter atau surat pribadi dan contoh penulisannya. Foto/Rawpixel/Freepik.
A A A
JAKARTA - Personal letter atau surat pribadi merupakan surat yang tidak resmi dan berisi pesan pribadi dari pengirim atas nama pribadi tanpa mewakili suatu perusahaan atau lembaga untuk si penerima.

Personal letter ditulis dengan menggunakan bahasa yang tidak baku dan dikirimkan melalui email. Personal letter bertujuan untuk memberitahukan kabar atau suatu pengalaman kepada penerima.

Untuk dapat menulis personal letter dengan baik dan benar, kamu harus mengetahui struktur personal letter yang membedakannya dengan surat resmi.

Berikut Struktur Personal Letter

1. Address atau Alamat Surat


Biasanya, pada bagian ini alamat pengirim surat ditulis di pojok kanan atas sedangkan alamat penerima surat ditulis di pojok kiri atas, tepatnya sedikit di bawah alamat pengirim.

2. Date atau Tanggal Surat


Date atau tanggal surat biasanya ditulis di sebelah kiri atas. Ada dua cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris, yaitu American Style dan British. Cara penulisan tanggal American Style seperti ini, September 25, 2023. Sedangkan penulisan tanggal British seperti ini, 25 September 2023.

Baca juga: 15 Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

3. Salutation atau Salam Pembuka


Biasanya dalam Bahasa Inggris, salutation atau salam pembuka ditulis menggunakan kata seperti dear, dearest atau my beloved friend.

4. Introduction


Pada bagian ini berisi pembukaan isi surat, kamu bisa memulainya dengan bertanya kabar atau menjawab surat sebelumnya, jika kamu menulis surat balasan.

5. Body


Pada bagian body atau isi, kamu bisa menuliskan informasi atau cerita yang ingin kamu sampaikan kepada si penerima. Sesuaikan dengan topik yang sudah ditentukan di awal.

6. Closing


Closing atau bagian penutup surat pribadi biasanya berisi harapan yang ingin kamu sampaikan kepada si penerima.

7. Complimentary Close


Berisi salam penutup yang ditujukan untuk penerima surat, kamu bisa menulisnya dengan menggunakan kata seperti yours atau with love.

8. Signature


Setelah menyampaikan pesan dan ceritamu, pada bagian ini kamu bisa menuliskan nama dan tanda tangan.

Berikut Contoh Personal Letter Singkat

1. Contoh Personal Letter 1


Jakarta, November 12 2021

Dear Jean,

What is it like there? Still snowy? The weather is still not here, just as hot as when you came here to join the international arts festival a year ago. About your invitation to come to visit you, I am not sure if I can go there. In fact, it’s nearly impossible because I don't think I can afford it. So, why don’t you come here? I’ll show you around my beloved hometown.

Your friend, Lyla

2. Contoh Personal Letter 2


Bandung, 23 Oktober 2022

Dear Shua,

How are you? I hope you're okay. I am writing this letter to inform you that I will be traveling to Seoul next month. I am very happy that my boss accepted my leave request. You know that my job doesn't allow me to take long vacations. So, I will take this opportunity to meet you. You probably don’t have any idea how much I miss you. I can’t wait to meet and hug you.

Love, Kyla
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)