Dukung Pembangunan IKN, Universitas Gunadarma Inisiasi Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan

Minggu, 05 November 2023 - 11:49 WIB
loading...
Dukung Pembangunan IKN, Universitas Gunadarma Inisiasi Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan
Universitas Gunadarma menginisiasi program pembinaan UMKM berbasis kemitraan bagi peternak di Kecamatan Penajam. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Universitas Gunadarma menginisiasi program pembinaan UMKM berbasis kemitraan bagi peternak di Kecamatan Penajam, Kalimantan Timur. Program kompetitif ini meraih pendanaan dari Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek.

Program ini termasuk Program Studi di Luar Kampus (PSDKU) yang melibatkan dosen dan mahasiswa. Universitas Gunadarma menggandeng Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam program ini.

Program ini sudah dimulai dengan perkuliahan bagi angkatan pertama di Kampus Nusantara yang berlokasi di Kecamatan Penajam yang kickoffnya dihadiri oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayan (PMK) Prof. Muhadjir Effendy.

“Saya berharap kampus dapat menjadi pusat unggulan yang membawa dampak terhadap pembangunan masyarakat di wilayahnya”, ujar Muhadjir, melalui siaran pers, dikutip Minggu (5/11/2023).

Baca juga: Sejarah ITB Kampus Jatinangor yang Jadi Off-G Campus Pertama

Menko PMK juga menyinggung peningkatan perekonomian daerah bisa didukung kualitas sumber daya manusia atau tenaga kerja lokal. Posisi strategis PPU dalam konteks pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) harus dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk peningkatan ekonomi daerah dan pengembangan SDM di PPU.

Rektor Universitas Gunadarma Prof. E.S. Margianti menyatakan, berbagai pelaksanaan program ini tidak terlepas dari keberadaan PSDKU di PPU sebagai langkah strategis institusi dalam merespon pembangunan IKN.

“Berbagai kegiatan Gunadarma di Kampus Nusantara didedikasikan kapada masyarakat PPU, mulai dari penanganan stunting, penerapan TIK di sektor pendidikan dan pertanian, termasuk kegiatan berbagai hibah pengabdian kepada masyarakat” tambah Margianti.

Gunadarma menjadi perguruan tinggi pertama yang membuka perguruan tinggi di wilayah penyangga IKN dengan 8 program studi jenjang sarjana yaitu: Informatika, Sistem Informasi Manajemen, Akuntansi, Teknik Sipil, Arsitek, Ilmu Komunikasi, dan Psikologi.

PJ Bupati PPU Makmur Marbun merespons positif kehadiaran Universitas Gunadarma di PPU. Serangkain kegiatan yang diselenggarakan Gunadarma di PPU selaras dengan fokus utama pemda, khususnya dalam mendukung pembangunan IKN.

Pemda PPU juga memprioritaskan peningkatan kontribusi UMKM yang mengandalkan tenaga kerja lokal agar dapat menikmati kehadiran IKN untuk mensejahterakan pelaku usaha kecil dan peningkatan ekonomi daerah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)