8 Kelebihan Kuliah di Prodi Bahasa Inggris, Mudah Cari Beasiswa dan Prospek Kerja Cerah

Senin, 06 November 2023 - 11:46 WIB
loading...
8 Kelebihan Kuliah di Prodi Bahasa Inggris, Mudah Cari Beasiswa dan Prospek Kerja Cerah
Salah satu kelebihan kuliah di program studi Bahasa Inggris adalah memperbesar peluang untuk mudah mendapatkan beasiswa dari luar negeri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 8 kelebihan kuliah di program studi Bahasa Inggris . Dalam memilih jurusan kuliah, setidaknya ada dua pertimbangan yang lazim dilakukan seorang calon mahasiswa. Pertama prospek kerja kedepan dan kedua adalah biaya kuliah yang diperlukan saat kuliah.

Salah satu jurusan yang mempunyai prospek kerja lumayan menjanjikan ialah jurusan Bahasa Inggris. Kalau soal biaya kuliah mungkin relatif tetapi untuk masa depan lulusan Bahasa Inggris banyak disebut menjanjikan.

Lalu apa saja keuntungan memilih jurusan Bahasa Inggris ketika kuliah? Artikel kali ini akan memaparkan setidaknya ada 8 alasan kenapa kuliah di jurusan Bahasa Inggris memiliki prospek kerja menjanjikan.

8 Kelebihan Kuliah di Program Studi Bahasa Inggris


1. Prospek kerja yang luas


Kelebihan pertama saat kamu jurusan Bahasa Inggris ialah prospek kerja yang lumayan luas. Mulai dari SD, SMP, SMA dan di bangku kuliah sudah diajarkan Bahasa Inggris, sehingga keperluan akan tenaga pendidik yang mempunyai bidang kemahiran Bahasa Inggris lumayan besar.

2. Bisa membuka lembaga kursus belajar Bahasa Inggris


Selanjutnya keunggulan mengambil jurusan Bahasa Inggris ialah kamu dapat membuka lembaga belajar Bahasa Inggris. Jika memang sesudah lulus kuliah belum menemukan pekerjaan, kamu bisa berinisiatif membuka lembaga tuntunan belajar Bahasa Inggris.

3. Menjadi freelance jasa translater


Freelance ialah pekerjaan yang mudah dilaksanakan oleh sarjana yang berasal dari jurusan Bahasa Inggris. Dalam proses perkuliahan di kampus, mahasiswa bakal diberikan sekian banyak tugas yang menjadi bekal bagi lulusan untuk dipakai dalam sekian banyak jenis profesi.


4. Local guide (pemandu wisata)


Peluang ini dapat dimanfaatkan oleh sarjana yang mempunyai kemahiran di bidang bahasa, dalam urusan ini bahasa internasional. Bahasa internasional yang saat ini banyak digunakan adalah Bahasa Inggris. Potensi ini yang dapat dijadikan kesempatan kerja untuk sarjana dari jurusan bahasa inggris untuk menjadi pemandu wisata.

5. Mudah melanjutkan studi beasiswa


Umumnya ketika berkata persyaratan, maka itu dapat dipenuhi oleh seluruh orang, tetapi ada satu kriteria yang seringkali menjadi penghambat guna mendapatkan persetujuan pertolongan (beasiswa) dari pemerintah, yakni keterampilan berbahasa Inggris.

6. Menjadi penerjemah buku


Disamping menjadi translater, ternyata sarjana bahasa inggris juga dapat menjadi penerjemah. Bila translater yang dimaksud pada poin tiga umumnya keperluan orang-orang yang hendak merubah bahasanya dari indonesia ke bahasa inggris, penerjemah umumnya ditafsirkan sebagai penerjemah Bahasa Inggris kedalam Bahasa Indonesia.

7. Peluang besar untuk berkarier di perusahaan swasta


Bandara udara, stasiun kereta api, pelabuhan ialah beberapa contoh perusahaan yang bergerak di perhubungan. Tiap wilayah umumnya memiliki ketiga jenis perhubungan tersebut. Coba bayangkan andai semua kabupaten di Indonesia memiliki minimal satu dari ketiga perusahaan tersebut, dengan demikian kamu akan berhitung terdapat berapa jumlah kabupaten kota di Indonesia.

Sehingga perusahaan yang tersebut tentunya menjadi salah satu pilihan yang membuka ruang yang lebar untuk sarjana Bahasa Inggris. Hal ini disebabkan perusahan tersebut memerlukan sarjana yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris atau dikenal dengan istilah public speaking.

8. Mudah bepergian di luar negeri


Traveling menjadi tren baru di era milenial. Dalam bertraveling, terutama jika keluar negeri tentunya seluruh orang memerlukan sarana berkomunikasi dengan orang-orang lain. Bila kamu menguasai bahasa inggris, kamu tidak akan kendala berinteraksi dengan siapa saja. Dengan demikian, keterampilan berbahasa inggris dapat memudahkan siapa saja yang berangan-angan* keluar negeri.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)