7 Jurusan Sepi Peminat di Unsoed Purwokerto untuk Acuan SNBT 2024

Selasa, 07 November 2023 - 11:28 WIB
loading...
7 Jurusan Sepi Peminat di Unsoed Purwokerto untuk Acuan SNBT 2024
Salah satu jurusan sepi peminat di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah adalah jurusan fisika. Foto/laman Unsoed
A A A
PURWOKERTO - Ini 7 jurusan sepi peminat di Unsoed Purwokerto yang bisa dijadikan acuan SNBT 2024. Universitas Jenderal Soedirman atau yang akrab disebut Unsoed merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Kota Purwokerto, Jawa Tengah.

Layaknya PTN lainnya, Unsoed juga membuka penerimaan calon mahasiswa baru tahun 2024 melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Untuk bisa lolos seleksi SNBT selain perlu belajar juga dibutuhkan strategi khusus, salah satunya dengan melihat tingkat persaingan jurusan yang ada. Jurusan sepi peminat tentu tingkat persaingannya berbeda dengan jurusan yang banyak peminat.

Tingkat persaingan di jurusan ini secara matematis sangat berpengaruh besar terhadap lolos tidaknya seseorang di SNBT. Artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 7 jurusan sepi peminat di Unsoed yang bisa dijadikan referensi mendaftar di SNBT 2024, simak ya!

7 Jurusan Sepi Peminat di Unsoed Purwokerto


1. Fisika


Jurusan pertama yang sepi peminat dan bisa kamu pertimbangkan adalah Fisika. Jurusan Fisika masuk dalam lingkup Saintek, dimana Fisika sendiri adalah bidang ilmu yang fokus mempelajari gejala alam tidak hidup (materi) dalam lingkup ruang dan waktu.

Jika kamu memilih jurusan ini, maka kamu akan diajak untuk menelusuri dasar-dasar hukum alam partikel submikroskopis yang membentuk materi hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.

2. Pendidikan Jasmani


Pendidikan Jasmani merupakan jurusan sepi peminat di Unsoed berikutnya. Sudah terakreditasi A dari BAN-PT, jurusan Pendidikan Jasmani tak boleh dianggap remeh lho.

Perlu kamu ingat kembali bahwa ada banyak kompetisi yang diselenggarakan di bidang olahraga, bahkan banyak pula orang yang butuh les privat olahraga untuk mendalaminya. Jika kamu tertarik memilih jurusan ini, kamu akan diajak untuk mempelajari banyak hal terkait kesehatan fisik dan mental.

3. Manajemen Sumber Daya Perairan

Manajemen Sumber Daya Perairan juga masuk dalam jejeran jurusan di Unsoed yang sepi peminatnya. Memilih jurusan ini berarti kamu akan diajak untuk mempelajari tentang kegiatan atau proses perencanaan, pemanfaatan, pengorganisasian dan juga pengelolaan sumber daya perairan.



Sederhananya, kamu akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan sumber daya perairan. Contohnya seperti laut, lingkungan sekitar, hukum-hukum yang berkaitan hingga sosial masyarakatnya.

4. Kimia


Jurusan sepi peminat di Unsoed berikutnya ada jurusan Kimia. Bagi kamu yang senang dengan pelajaran Kimia di bangku sekolah, tentu tak ada salahnya bukan untuk mempertimbangkan jurusan yang satu ini?

Ketika duduk di bangku kuliah dan menjadi mahasiswa jurusan Kimia, kamu akan diajak untuk mempelajari lebih dalam seputar Kimia. Kamu akan mempelajari sifat, struktur, dan reaktivitas suatu zat. Bahkan, ada pula materi fisika kimia yang mempelajari sifat-sifat zat di lapangan untuk lebih memfokuskan diri pada senyawa organik, senyawa anorganik, protein, dan sebagainya.

5. Akuakultur


Akuakultur atau yang biasa disebut juga sebagai jurusan Budidaya Perairan merupakan jurusan yang mempelajari segala hal tentang budidaya, baik ikan air laut atau tawar hingga berbagai jenis biota lainnya.

Mahasiswa jurusan ini akan diajak untuk mempelajari teknik penangkapan ikan di laut atau di perairan darat. Selain itu, kamu juga akan dididik untuk menjadi pakarnya ikan. Sederhananya, kamu harus bisa mengenali ciri ikan sakit dan sehat.

6. Ilmu Kelautan


Ilmu Kelautan menjadi salah satu jurusan sepi peminat di Unsoed yang bisa kamu pertimbangkan. Merupakan cabang dari ilmu bumi yang mempelajari tentang lautan, jurusan ini akan mengajak kamu belajar seputar arus samudera, gelombang, geologi dasar laut, dinamika ekosistem laut, dan lain sebagainya.

7. Teknik Geologi


Jurusan terakhir yang juga tergolong sepi peminatnya di Unsoed adalah Teknik Geologi. Merupakan bidang ilmu yang kerap melakukan penelitian terkait bumi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah hingga proses pembentukannya, kini perkembangan ilmu geologi sangat luas.

Sehingga, tidak akan hanya terbatas pada sumber daya mineral, namun juga konstruksi bangunan dan bencana. Tak perlu ragu untuk memilih jurusan Teknik Geologi, pasalnya lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan pertambangan, perminyakan, maupu geoservice.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)