Contoh Teks Narasi Beserta Pengertian dan Strukturnya

Selasa, 07 November 2023 - 13:19 WIB
loading...
Contoh Teks Narasi Beserta Pengertian dan Strukturnya
Teks narasi tidak hanya digunakan pada media cetak atau tulis namun juga untuk komunikasi lisan. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Sebagai bentuk komunikasi yang kuat, t eks narasi memiliki beberapa unsur pokok yang membuatnya berbeda dengan jenis teks lain. Unsur tersebut adalah karakter, konflik, latar plot, resolusi dan tema. Karakter yang terlibat dalam teks narasi juga memiliki peran penting dalam membangun cerita.

Teks narasi tidak hanya digunakan pada media cetak atau tulis, Namun Teks Narasi juga digunakan dalam komunikasi lisan untuk menjelaskan peristiwa atau pengalaman pribadi.

Pengertian Teks Narasi


Menurut Widjono (2007), Narasi adalah uraian yang mengisahkan kejadian, tindakan, maupun keadaan secara berurutan dari awal sampai akhir sehingga saling berhubungan antara satu dan yang lainnya.

Baca juga: 15 Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

Teks narasi merupakan teks yang menceritakan sebuah peristiwa sesuai kronologis dan secara berurutan. Teks narasi dapat ditemukan dalam berbagai jenis seperti fiksi dan nonfiksi. Dan juga Teks narasi dapat ditemukan di tulisan seperti biografi, novel, dan karya ilmiah.

Struktur Teks Narasi

1. Orientasi


Dalam orientasi terdapat bagian awal dari teks narasi yang bertujuan untuk memperkenalkan pembaca kepada karakter, latar, dan situasi dari cerita tersebut. Bagian orientasi memberikan kemudahan pembaca dalam memahami cerita dengan baik.

2. Komplikasi


Pada bagian komplikasi berisi paragraf narasi yang menceritakan tentang konflik yang semakin mendalam dan rumit. Konflik merupakan pemicu utama dimulainya perjalanan cerita pada Teks Narasi. Dalam konflik biasanya menghadirkan tantangan, masalah, dan situasi yang mengganggu keadaan karakter dalam cerita tersebut.

3. Resolusi


Di resolusi biasanya menunjukkan adanya penurunan konflik. Konflik mulai dipecahkan dan peristiwa-peristiwa mulai mereda hingga menemukan sebuah jalan akhir dari cerita.

4. Koda


Koda merupakan bagian penutup dari Teks Narasi. Pada bagian koda berisikan pesan moral atau amanat dari kisah yang telah disampaikan. Koda bersifat optional atau tidak wajib dituliskan dalam Teks Narasi.

Baca juga: 20 Contoh Teks Berita Singkat di Televisi Berbagai Topik

Contoh Teks Narasi

1. Contoh Teks Narasi tentang Pemandangan Pantai Parangtritis


Masih melekat di mataku, pemandangan indah nan elok pantai Parangtritis. Gelombang ombak bergulung-gulung datang silih berganti menyambutku serasa ingin mengajak bermain. Air yang jernih dan pasir putih lembut yang menghampar luas tanpa ada tumbuh-tumbuhan atau karang yang menghalangi membuatku ingin kembali lagi. Di sebelah kanan-kiri, aku bisa memandang air laut sejauh mata memandang, pandai dengan bukit berbatu, pesisir serta pemandangan bukit kapur di sebelah utara pantai.

Kurasakan dingin membasuh kakiku karena ombak menghempas kakiku dan terasa asin air itu ketika bibirku terkena percikan. Sepanjang aku berjalan, hampir pinggiran pantai dipenuhi oleh pengunjung wisatawan. Kulihat ada yang berlari berkejar-kejaran di bibir pantai, bermain bola, bermain dengan air, berfoto-foto dengan latar sekitar pantai.

Tapi yang paling membuatku tertarik, kulihat ada beberapa turis mancanegara yang menikmati keindahan pantai ini dengan naik delman. Seperti apa yang aku lihat, pantai ini memang sangat ramai pengunjung. Tak pernah sunyi pantai Parangtritis.

2. Contoh Teks Narasi tentang Si Bagas Kelinciku


Kelinciku bernama Bagas. Kunamakan Bagas karena aku berharap kelinci kesayanganku itu selalu sehat dan bugar. Bagas memiliki bulu yang lebat dan putih bersih. Matanya cokelat seperti madu. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan. Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau dia berlari.

Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperti orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuatku selalu rindu.

Bagas memiliki perilaku unik. Kalau marah, Bagas melakukan atraksi yang menarik. Dia menggunakan kaki belakangnya dan melompat dalam jangkauan yang begitu jauh. Kadang dia melompat sampai sejauh tiga meter. Kalau tidak dipedulikan, kakinya dientak-entakkan seperti anak kecil yang merajuk minta dibelikan mainan. Dengan menggunakan kaki belakangnya pula, dia berdiri sangat tinggi seperti sedang menunjukkan bahwa dia bisa menarik perhatian kita.

3. Contoh Teks Narasi tentang Pertarungan Pagi Buta


Kala itu surya belum bangun. Ayam-ayam jago pun belum melakukan tugasnya. Namun, Pak Raden sudah keluar dari kediamannya. Kulitnya yang keriput dan tipis seolah-olah mempan dari hembusan angin yang sedari tadi berusaha membekukannya.

Tangan kanannya yang kekar memikul sebuah cangkul, sedangkan tangan kirinya memegang sebuah bingkisan. Pada waktu Pak Raden melangkahkan kaki menuju sawahnya, langkahnya terhenti saat tangisan bayi memecah keheningan pagi. Dengan ketakutan Pak Raden mencari asal bunyi itu. Betapa terkejutnya Pak Raden melihat seseorang bayi kecil tergeletak di bawah pohon beringin besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2823 seconds (0.1#10.140)