Jokowi dan Forum Rektor Indonesia Bertemu di Istana, Ini yang Dibahas

Rabu, 08 November 2023 - 15:03 WIB
loading...
Jokowi dan Forum Rektor Indonesia Bertemu di Istana, Ini yang Dibahas
Forum Rektor Indonesia menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan pada Selasa (7/11/2023). Forum Rektor Indonesia mengaku berdiskusi mengenai Indonesia Emas 2045. Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Forum Rektor Indonesia menghadap Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) di Istana Kepresidenan pada Selasa (7/11/2023). Forum Rektor Indonesia mengaku berdiskusi mengenai Indonesia Emas 2045 .

"Fokus dari diskusi, berkaitan dengan tantangan masa depan yakni bagaimana menyiapkan sumber daya manusia yang unggul agar tahun 2045 itu benar-benar Indonesia bisa menjadi negara 5 besar," kata Ketua Umum Forum Rektor Indonesia Mohammad Nasih di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dia mengatakan bahwa Forum Rektor Indonesia mendapatkan tugas khusus dari Presiden Jokowi untuk memformulasi dan mentekniskan hal-hal apa saja yang dibutuhkan Indonesia menjadi negara maju pada 2034.

"Dan tentu kami akan nanti membahas dengan lebih teknis sebagai bagian dari masukan menjadi pijakan para pengelola negara ini siapa pun yang nanti akan memimpin bangsa dan negara ini," kata Nasih.



Nasih juga mengatakan bahwa kunci untuk menjadi negara maju salah satunya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik. Maka, katanya, diperlukan fokus pada pengembangan agro maritim, sains, dan teknologi.

"Di mana pun negara maju mesti sains dan teknologinya maju sehingga ini akan menjadi bagian masukan yang kita sampaikan untuk kita detailkan lebih lanjut. Ke depan road map sains dan teknologi di Indonesia seperti apa untuk mendorong ketahanan pangan, mendorong ketahanan kesehatan, mendorong ketahanan energi. Intinya kita menjadi negara yang berdikari dan tentu jadi negara maju. Dua hal itu jadi topik diskusi kami," ungkapnya.

Masukan untuk Capres


Terkait pemilu, kata Nasih, Presiden Jokowi meminta agar para rektor dapat memberi masukan kepada para calon presiden (capres) yang akan berkompetisi pada Pilpres 2024 .

"Kalau ke arah itu secara spesifik tidak, tapi kita diminta nanti untuk memberi masukan bagi para capres apa yang harus mereka lakukan. Jadi bukan capres yang menarik kita, tapi kita yang kemudian diminta untuk memberikan masukan apa yang mesti dilakukan untuk Indonesia maju, dan itu berkaitan pada diskusi di kami," jelasnya.

Selain itu, Nasih juga berharap pemerintah dapat melakukan sosialisasi mengenai pemilu di kampus-kampus. "Kami juga menyampaikan ada beberapa pemilih pemula di perguruan tinggi yang perlu mendapatkan sosialisasi dan informasi yang benar tentang banyak hal," tandasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)