Mengenal ITB Kampus Cirebon, Prodi yang Tersedia dan Keunggulannya

Jum'at, 10 November 2023 - 08:01 WIB
loading...
Mengenal ITB Kampus Cirebon, Prodi yang Tersedia dan Keunggulannya
ITB Kampus Cirebon memiliki dua lokasi yaitu di kecamatan Arjawinangun dan Watubelah. Foto/ITB.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan pengembangan multikampus untuk menyonsong pendidikan berkualitas global. Salah satu pengembangan multikampus yang telah berhasil diselenggarakan adalah ITB Kampus Cirebon .

ITB Kampus Cirebon memiliki dua lokasi yaitu di kecamatan Arjawinangun dan Watubelah, Kabupaten Cirebon. Kehadiran ITB Kampus Cirebon ini merupakan wujud atas upaya ITB dalam mengembangkan sumber daya manusia yang unggul, dengan amanat menjalankan kegiatan akademik, riset, dan pengabdian kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Cirebon.

Program Akademik ITB Kampus Cirebon telah dilaksanakan sejak tahun akademik 2016/2017 sebagai bagian dari pengembangan multikampus. Mengingat pelaksanaannya dilakukan di wilayah luar Bandung, maka pengembangan tersebut masuk ke dalam kategori Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU).

Baca juga: Sejarah ITB Kampus Jatinangor yang Jadi Off-G Campus Pertama

Pertama dibuka ITB Kampus Cirebon memiliki tiga program studi (prodi) antara lain, prodi Kriya, prodi Teknik Industri, serta prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Lalu pada 2019, empat prodi lainnya menyusul dibuka di ITB Kampus Cirebon ini, yakni Teknik Geofisika, Oseanografi, Teknik Perminyakan, dan Teknik Pertambangan.

"Skenario awal yang ditempuh adalah penyelenggaraan akademik dilaksanakan di ITB kampus Jatinangor paralel dengan pembangunan gedung kampus di Cirebon. Hingga pada Januari 2022 dimulai penyelenggaraan akademik di ITB Kampus Cirebon secara bertahap," ujar Direktur ITB Kampus Cirebon, Dr. Ir. Iwan Kustiwan, dikutip dari laman ITB, Jumat (10/11/2023).

Hingga saat ini, proses pengusulan PSDKU untuk 3 prodi pertama yang dibuka di ITB Kampus Cirebon, masih berlangsung. Sementara itu, untuk 4 prodi lainnya masih berstatus kelas paralel, sebagai bagian dari masa transisi sebelum menjadi prodi independen.

Ada berbagai keunggulan yang dimiliki oleh prodi-prodi di ITB Kampus Cirebon, seperti mempunyai laboratorium yang lebih nyata tersedia di lingkungan kampus. Sebut saja untuk prodi Oseanografi, di mana mahasiswa dapat melakukan observasi langsung ke laut.

Baca juga: Mau Masuk ITB Tanpa Tes? Ini Prediksi Nilai Rapor Ideal per Fakultas ITB Jalur SNBP

Kemudian untuk prodi Kriya yang dapat langsung berkaitan dengan aneka ragam kekayaan dan potensi seni yang ada di komunitas-komunitas di Cirebon dan sekitarnya. Sebut saja produk Batik Trusmi serta Desa Gerabah Sitiwinangun.

Sementara itu Prodi PWK dapat melakukan berbagai potensi kajian pengembangan wilayah-wilayah sekitar kawasan Rebana (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan).

"Seluruh tema atau topik tugas akhir mahasiswa, penelitian dosen, serta program pengabdian masyarakat akan diarahkan pada kajian terkait potensi dan masalah sekitar kawasan Rebana," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)