6 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Perusahaan BUMN MIND ID, Cek di Sini

Selasa, 14 November 2023 - 13:17 WIB
loading...
6 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Perusahaan BUMN MIND ID, Cek di Sini
Ada sejumlah jurusan kuliah yang paling banyak diincar perusahaan BUMN MIND ID. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang paling banyak diincar perusahaan BUMN MIND ID . Meski dikategorikan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, namun tidak semua jurusan yang dibutuhkan berkaitan dengan pertambangan saja.

Dilansir dari laman resmi MIND ID, Mining Industry Indonesia (MIND ID) adalah BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT INALUM, dan PT Timah Tbk.

Tujuan dari salah satu perusahaan BUMN ini adalah untuk mengelola potensi kekayaan sumber daya mineral dan batu bara Indonesia beserta industri pengolahannya.



Pada umumnya, MIND ID mencari lulusan dari berbagai jurusan sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan operasional perusahaan. Karena itu, perusahaan pelat merah ini tetap membutuhkan lulusan dari berbagai bidang lainnya.

6 Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di BUMN MIND ID


1. Teknik Mesin


Jurusan kuliah Teknik Mesin bisa menempati beberapa profesi di MIND ID seperti, teknisi atau operator. Hal ini mengingat perusahaan pertambangan sangat bergantung dengan banyak mesin, dan setiap mesin pastinya membutuhkan teknisi.

2. Psikologi


Lulusan jurusan Psikologi pasti telah memiliki bekal tentang cara berinteraksi dan bersosialisasi yang baik. Tidak hanya itu, mereka juga punya kemampuan manajerial yang baik. Karena itu, jurusan ini bisa saja dibutuhkan menjadi pengembang sumber daya manusia di MIND ID.


3. Teknik Kimia


Jurusan Teknik Kimia biasa mempelajari teknologi perancangan pabrik, yang kerap berkaitan dengan gas, logam, dan lainnya. Lulusan jurusan kuliah ini bisa bekerja sebagai bagian operasional maupun logistik di MIND ID.

4. Teknik Elektro


Jurusan Teknik Elektro juga dibutuhkan di perusahaan pertambangan baik sebagai management trainee atau teknisi. Hal ini mengingat banyak mesin dan perkakas pertambangan yang berkaitan dengan kelistrikan.

5. Teknik Metalurgi


Sebagai perusahaan pertambangan, MIND ID membutuhkan lulusan Teknik Metalurgi yang ahli dalam hal logam. Jurusan ini biasanya menjadi seorang tenaga ahli dalam perusahaan, terutama yang berkaitan dengan bahan baku logam.

6. Teknik Pertambangan


Sudah bukan kejutan lagi jika jurusan kuliah ini masuk dalam daftar. Mengingat lulusan Teknik Pertambangan memiliki peluang karier yang luas di industri pertambangan batu bara, tembaga/emas, nikel, timah, pasir besi, juga industri mineral.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2188 seconds (0.1#10.140)