Mau Jadi Apa Lulusan Agribisnis? Ini Prospek Kerja Menjanjikan Lulusannya

Selasa, 14 November 2023 - 13:24 WIB
loading...
Mau Jadi Apa Lulusan Agribisnis? Ini Prospek Kerja Menjanjikan Lulusannya
Terbukanya prospek kerja agribisnis di banyak negara, serta didukung banyak sektor teknologi diprediksi membuat lulusan jurusan agribisnis di Indonesia sangat menjanjikan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini prospek kerja menjanjikan jurusan kuliah agribisnis. Berminat mengambil jurusan agribisnis? Agribisnis adalah ilmu untuk mempelajari usaha baik memajukan bidang pertanian maupun sosial ekonomi secara berkelanjutan.

Prospek kerja agribisnis akan meliputi pertanian, perikanan, perkebunan, dan kehutanan dengan menerapkan prinsip kerja efektif dan efisien. Lalu bagaimana masa depan jurusan agribisnis?

Terbukanya prospek kerja agribisnis yang luas di banyak negara, serta didukungnya banyak sektor oleh teknologi diprediksi membuat lulusan jurusan agribisnis di Indonesia sangat menjanjikan.Benarkah? Artikel kali ini akan mengulas prospek kerja jurusan agribisnis, simak ya!

4 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Jurusan Agribisnis


1. Pegawai Perusahaan Bidang Pertanian (BUMN atau swasta)


Selalu ada prospek kerja agribisnis terbuka bagi kamu di banyak perusahaan yang bergerak di bidang pertanian. Menjadi seorang lulusan agribisnis, kamu tentu telah menyimpan posisi amanmu di perusahaan yang bergerak di bidang tersebut, yang dikelola oleh negara maupun swasta.

Jangan khawatir, tidak hanya bidang pertanian saja, kamu dapat memanfaatkan beberapa posisi lain sebagai prospek kerja agribisnismu. Kamu dapat mengambil posisi finansial, pemasaran, operasional, dan manajemen.

Posisi-posisi ini dapat kamu ambil dikarenakan sebagai mahasiswa agribisnis, kamu tidak hanya akan berkecimpung di dunia pertanian saja, namun juga melihat dari seluruh aspek bisnis, sehingga kamu akan memiliki ilmu – ilmu mendasar terkait pengelolaan perusahaan.

2. Peneliti di LIPI atau Instansi yang Lain


Ilmu pengetahuan tentu akan selalu terus menunjukkan perkembangan yang signifikan. Contohnya saja ilmu pemuliaan tanaman yang mampu meningkatkan produktivitas pertanian itu sendiri dengan cara mempercepat masa panen, serta masih banyak dan beragam lagi aspek yang harus diteliti secara lebih lanjut.



Maka dari itu, salah satu prospek kerja jurusan yang satu ini ialah sebagai seorang peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau bisa juga di lembaga yang lainnya.

3. Wirausahawan atau Pengusaha


Rasanya memang sudah menjadi suatu keharusan jika lulusan agribisnis ini untuk bisa menempuh jalan wirausaha. Ilmu-ilmu yang memang pada dasarnya sudah didapatkan selama belajar di kampus benar-benar bisa diaplikasikan di dalam kehidupan nyata dengan berbisnis terhadap produk yang memiliki kaitan erat dengan pertanian atau segala turunannya.

Setelah lulus, kalian juga nanti bisa membangun sebuah usaha rintisan atau startup. Jika ingin berhasil, maka haruslah pintar untuk membaca peluang, pandai membaca situasi dan masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat, selanjutnya mencari solusi terbaik atau jalan keluar dari masalah tersebut dengan bisnis yang kamu jalankan dan terapkan.

4. Pegawai Instansi Pemerintahan


Mengetahui bahwa pemerintah sedang berusaha untuk memajukan instansi-instansi pemerintah yang ada, kamu dapat memanfaatkan momentum ini sebagai prospek kerja agribisnis yang baik untuk kariermu.

Kamu dapat memilih untuk bekerja di beberapa instansi pemerintah, antara lain Dinas Pertanian Daerah bahkan Kementrian Pertanian. Kedua instansi tersebut tentu menyediakan prospek kerja agribisnis yang baik bagi kamu untuk membangun kariermu. Selain itu, kamu akan mendapatkan juga pelayanan yang sepadan sebagai seorang pegawai negeri sipil.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)