Iklan: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contohnya untuk Menarik Audience

Rabu, 15 November 2023 - 06:15 WIB
loading...
Iklan: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contohnya untuk Menarik Audience
Iklan memiliki tujuan utama untuk mempengaruhi perilaku atau sikap audiens. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Iklan adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang dibuat untuk menyampaikan pesan promosi atau informasi mengenai suatu produk, layanan, atau ide kepada target audiens.

Iklan memiliki tujuan utama untuk mempengaruhi perilaku atau sikap audiens dengan cara menciptakan kesadaran, menarik perhatian, dan merangsang tindakan tertentu, seperti pembelian produk atau penggunaan layanan.

Ciri-ciri Iklan


1. Teks bersifat Informatif.
2. Teks bersifat Komunikatif.
3. Teks dibuat semenarik mungkin.
4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti

Jenis Iklan

1. Iklan Televisi


Disiarkan melalui saluran televisi. Menampilkan gambar dan suara untuk memberikan pesan. Cakupan luas dan dapat mencapai audiens yang besar.

2. Iklan Radio


Disiarkan melalui siaran radio. Mengandalkan suara dan musik untuk menyampaikan pesan. Efektif untuk mencapai audiens yang mendengarkan radio.

3. Iklan Cetak


Muncul di media cetak seperti surat kabar, majalah, brosur, dan selebaran. Teks dan gambar digunakan untuk menyampaikan pesan. Cocok untuk pemasaran lokal atau target audiens khusus.

Baca juga: 10 Contoh Teks MC Informal Berbagai Acara, Ice Breaking untuk Cairkan Suasana

4. Luar Ruang (Billboard)


Ditampilkan di tempat-tempat umum, jalan raya, atau bangunan. Cenderung memiliki pesan yang singkat dan gambar yang mencolok. Dapat mencapai banyak orang dalam waktu singkat.

5. Iklan Digital


Ditayangkan secara online, termasuk iklan banner, iklan video, dan iklan di media sosial. Memanfaatkan platform digital untuk mencapai target audiens yang spesifik. Dapat dilacak dan diukur kinerjanya.

6. Iklan Sosial (Social Media Advertising)


Disiarkan melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Dapat memanfaatkan fitur targeting untuk mencapai demografi dan minat tertentu.

7. Iklan Perbandingan (Comparative Advertising)


Membandingkan produk atau layanan dengan pesaing langsung. Bertujuan untuk menunjukkan keunggulan atau perbedaan positif.

8. Iklan Daring (Online Ads)


Termasuk iklan di situs web, hasil pencarian (SEM), dan media online lainnya. Berbagai format, termasuk banner, video, dan teks.

9. Iklan Sponsorship (Penyelenggaraan)


Mencakup dukungan keuangan untuk acara atau program tertentu. Merek menjadi bagian dari acara tersebut, meningkatkan kesadaran merek.

10. Iklan Komersial (Infomercials)


Video yang mencampurkan unsur iklan dan informasi. Umumnya memiliki durasi lebih lama dan berfokus pada menjelaskan produk atau layanan.

11. Iklan Interaktif


Melibatkan audiens dan memungkinkan mereka berinteraksi langsung dengan iklan. Contohnya termasuk kuis online atau pemilihan opsi.

Contoh Iklan

1. Iklan Minuman Bersoda


Segarkan hari Anda dengan kelezatan penuh gelembung! Coca-Cola, minuman bersoda favorit keluarga sejak tahun 1886. Nikmati kebahagiaan setiap tegukan!

Baca juga: Mengenal Descriptive Text: Pengertian, Struktur, dan Contoh

2. Iklan Produk Kecantikan


Dapatkan kulit berseri dan sehat dengan rangkaian perawatan kulit kami. Formula alami yang melembabkan dan menghidrasi, membuat kulit tampak bercahaya. Temukan kecantikan alami Anda!

3. Iklan Pakaian Fashion


Tampil modis setiap hari dengan koleksi terbaru kami. Pakaian trendi dan nyaman untuk segala kesempatan. Ubah gaya Anda, ubah dunia!

4. Iklan Layanan Perjalanan


Temukan destinasi impian Anda bersama kami! Penawaran spesial untuk paket liburan. Pesan sekarang dan raih pengalaman tak terlupakan.

5. Iklan Gadget Terbaru


Teknologi terkini di ujung jari Anda! Dapatkan smartphone terbaru dengan fitur canggih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. Jelajahi dunia dengan gaya!

6. Iklan Restoran Lokal


Rasakan kelezatan kuliner lokal kami! Menu beragam dengan cita rasa autentik. Kunjungi kami dan nikmati pengalaman makan yang tak terlupakan.

7. Iklan Layanan Keuangan


Raih kebebasan finansial Anda dengan layanan keuangan kami. Tabungan, investasi, dan pinjaman dengan solusi yang sesuai untuk setiap langkah keuangan Anda.

8. Iklan Pendidikan Online


Tingkatkan keterampilan Anda dengan kursus online kami. Pembelajaran fleksibel, materi berkualitas, dan mentor ahli. Investasikan waktu Anda untuk masa depan yang lebih cerah.

9. Iklan Kendaraan Baru


Berkendara dengan gaya dan performa terbaik! Temukan koleksi mobil terbaru kami. Kunjungi dealer kami hari ini dan rasakan sensasi berkendara yang luar biasa.

10. Iklan Layanan Kesehatan


Jaga kesehatan Anda dengan layanan kesehatan terbaik. Klinik kami menawarkan pelayanan komprehensif untuk perawatan yang aman dan efektif. Prioritaskan kesehatan Anda sekarang!

MG/Vina Karlameta Suhandi
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6162 seconds (0.1#10.140)