5 Jurusan Kuliah Diklaim Tersulit Tetapi Menjanjikan di Masa Depan, Kenali Yuk

Rabu, 15 November 2023 - 12:03 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah Diklaim Tersulit Tetapi Menjanjikan di Masa Depan, Kenali Yuk
Jurusan arsitektur dipersepsikan sebagai salah satu jurusan tersulit di perguruan tinggi Indonesia.Padahal faktanya, lulusan jurusan ini menjanjikan masa depan prospektif. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 jurusan kuliah tersulit di Indonesia tetapi menjanjikan di masa depan.Berbagai macam jurusan kuliah tersedia di seluruh perguruan tinggi di Indonesia baik yang berstatus negeri maupun swasta.

Di berbagai perguruan tinggi, ada jurusan kuliah yang dipersepsikan mudah dan ada juga jurusan kuliah yang dianggap tersulit. Banyaknya jurusan yang tersedia saat ini menjadkan calon mahasiswa banyak pilihan untuk mengambil keputusan.

Persoalan jurusan tertentu dianggap mudah atau sulit sekalipun hal itu tentu relatif setiap orang berbeda-beda. Artikel kali ini akan khusus membahas jurusan kuliah yang dinilai sulit tetapi memiliki masa depan menjanjikan bagi lulusannya, apa itu?Simak ya!

5 Jurusan Tersulit di Indonesia Tetapi Menjanjikan di Masa Depan


1. Jurusan Farmasi


Jurusan Farmasi merupakan salah satu jurusan yang diklaim paling sulit di Indonesia dan bahkan di dunia.Tapi meskipun sulit, jurusan Farmasi juga merupakan jurusan paling diincar di Indonesia. Hal itu karena prospek masa depan dari jurusan ini faktanya sangat menjanjikan.

Kamu yang akan mengambil jurusan farmasi ini akan belajar tentang obat-obatan dan seluk beluknya, mulai dari peracikam, pembuatan, baik itu yang alami maupun obat sintetis.

Tetapi tidak hanya fokus terhadap obat saja, mahasiswa juga akan belajar banyak soal anatomi tubuh, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi sel, tumbuhan obat, kosmetik, Kesehatan Masyarakat, bahkan sampai ke Manajemen dan Pemasaran. Maka tidak heran jika jurusan ini masuk dalam kategori 10 besar jurusan kuliah tersulit khususnya sulit untuk dimasukin karena peminatnya sangat banyak.

2. Jurusan Teknik


Selanjutnya ada jurusan kuliah Teknik baik itu Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan yang menjadi bintang utama dalam pembahasan kali ini, yaitu Jurusan Teknik Sipil.

Jurusan Teknik Sipil ini menjadi jurusan yang paling tersulit karena hal-hal yang dipelajari di dalamnya sangatlah luas. Bagi yang hendak masuk mengambil jurusan ini harus kuat mental, fisik dan pikiran karena akan ada banyak sekali yang dipelajari di jurusan ini. Tetapi peluang kerja yang ditawarkan untuk para lulusan Teknik Sipil juga sangat luas dan beragam.

3. Jurusan Matematika dan Statistika


Bagi sebagian orang mendengar nama Matematika sudah pasti langsung membuat pusing karena akan berhadapan dengan berbagai hitung-hitungan angka. Belum lagi harus ditambah dengan jutaan rumus yang harus dihapalkam dan dipahami alurnya. Oleh sebab itu jurusan Matematika dan Statistika menjadi jurusan yang paling sulit di Indonesia.



Pada dasarnya dalam belajar ilmu Matematika harus dibutuhkan ketekunan, kesabaran, dedikasi dan usaha yang sangat ekstra. Tetapi banyak sekali bidang industri dan juga dalam dunia pendidikan yang sangat membutuhkan lulusan jurusan Matematika dan Statistika ini.

4. Jurusan Kedokteran


Sudah tak diragukan lagi bahwa jurusan Kedokteran menjadi yang tersulit di Indonesia bahkan di dunia. Amat sangat banyak hal-hal yang dipelajari di dunia kedokteran dan harus terperinci detail hingga bagian terkecil sekalipun dal tubuh.

Selain banyaknya materi kuliah yang dipelajari, di jurusan ini juga biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk belajar dari jurusan lain paling tidak bisa 5-6 tahun hanya untuk sarjana. Maka tak heran, jurusan ini termasuk dalam jurusan kuliah tersulit di Indonesia dan dunia.

5. Jurusan Arsitektur


Kemudian ada jurusan Arsitektur yang juga masuk ke dalam jurusan tersulit di Indonesia. Jurusan Arsitektur merupakan perpaduan antara teknik dan dan seni. Jadi selama kuliah, mahasiswa akan banyak belajar tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Selain itu, mahasiswa juga akan turut belajar tentang cara merancang interior, eksterior, kawasan, hingga mempelajari perencanaan kota.

Tidak hanya skill menggambar saja yang harus dimiliki oleh mahasiswa Jurusan Arsitek, tapi kamu juga harus memiliki ide kreatif, kepedulian terhadap lingkungan, serta pengetahuan yang luas tentang segala hal agar dapat merancang sebuah bangunan yang baik. Maka tak heran jika jurusan Arsitektur dikenal menjadi jurusan tersulit di Indonesia.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)