Mau Jadi Ahli IT, Ini 7 Jurusan Berhubungan dengan Dunia Komputer yang Bisa Jadi Pilihan Kuliah

Rabu, 15 November 2023 - 13:49 WIB
loading...
Mau Jadi Ahli IT, Ini 7 Jurusan Berhubungan dengan Dunia Komputer yang Bisa Jadi Pilihan Kuliah
Salah satu program studi atau jurusan kuliah yang diminati banyak calon mahasiswa baru adalah jurusan kuliah yang berhubungan dengan dunia komputer atau IT. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 jurusan kuliah yang berhubungan dengan dunia komputer yang bisa jadi pilihan kamu. Salah satu program studi atau jurusan kuliah yang diminati banyak calon mahasiswa baru adalah jurusan kuliah yang berhubungan dengan dunia komputer atau IT.

Selama ini ada banyak sekali jurusan yang berhubungan dengan dunia komputer di perguruan tinggi Indonesia dengan prospek kerjanya menjanjikan. Tak mengherankan jurusan terkait dunia komputer ini selalu penuh peminat. Artikel kali ini akan secara khusus membahas 7 jurusan kuliah yang berhubungan dengan dunia komputer, simak ya!

7 Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan Dunia Komputer


1. Teknik Informatika


Teknik Informatika adalah salah satu jurusan kuliah yang berhubungan dengan dunia komputer yang paling umum di Indonesia. Mahasiswa akan memperoleh pengetahuan ilmiah dan teknis yang diperlukan untuk merancang solusi yang efisien dan andal untuk menghadapi tantangan computing dalam kecerdasan buatan, bioinformatika, interaksi manusia-mesin, realitas virtual, dan bidang menarik lainnya.

Selain itu, mahasiswa juga akan belajar merancang dan mengembangkan komputer dan perangkat digital yang menggabungkan hardware, software, dan komunikasi, seperti superkomputer, ponsel, dan sistem pemrosesan gambar.

Mahasiswa Teknik Informatika dilatih untuk mengambil posisi tanggung jawab di perusahaan di sektor TIK dan departemen TI perusahaan dan institusi, bergabung dengan disiplin ilmu seperti kecerdasan buatan, desain multimedia, animasi komputer, pemrograman video game dan perangkat seluler, keamanan sistem komputer dll.

2. Teknik Komputer


Jurusan teknik komputer juga bisa menjadi pilihan jika kamu tertarik dengan ilmu komputer. Kamu akan mempelajari hardware, software dan prinsip-prinsip computing dan teknik elektro.

Mahasiswa jurusan ini akan memeriksa peran teknik dalam masyarakat dan menangani topik mulai dari computing cloud hingga algoritma aplikasi.

Dengan keterampilan dalam pemecahan masalah secara kreatif serta analisis dan implementasi, mahasiswa dipersiapkan untuk merancang robot dan superkomputer, membuat sistem perangkat lunak baru, dan banyak lagi.

Jurusan teknik komputer menggunakan ilmu komputer, teknik dan matematika untuk menilai masalah dan solusi desain untuk sistem digital. Karena bidang komputer sangat luas, mahasiswa belajar tentang software, hardware, dan bidang terkait.

3. Manajemen Informatika


Jurusan kuliah yang berhubungan dengan dunia komputer yang selanjutnya adalah manajemen informatika yang mempelajari analisis kebutuhan dalam bisnis. Mahasiswa jurusan ini akan diajarkan untuk mengembangkan software dan hardware pemodelan kebutuhan data dan informasi, sesuai dengan kebutuhan organisasi dan bisnis



Dan juga pemeliharaan, perbaikan, dan perubahan software yang ada. Mengembangkan web service untuk pertukaran data antar database management system untuk mendukung kebutuhan bisnis. Jika kamu tertarik dengan mempelajari yang berhubungan dengan ini, kamu bisa memilih jurusan manajemen informatika.

4. Rekayasa Perangkat Lunak


Mahasiswa dengan jurusan rekayasa perangkat lunak akan mempelajari dasar ilmiah dan matematika dari perangkat lunak komputer. Kamu akan mempelajari berbagai bahasa pemrograman dan cara merancang, menganalisis, dan memelihara perangkat lunak.

Jurusan rekayasa perangkat lunak adalah studi tentang bagaimana sistem perangkat lunak dibangun, termasuk topik seperti manajemen proyek, jaminan kualitas, dan pengujian perangkat lunak. Jika kamu tertarik dengan pemrograman, kamu bisa memilih jurusan ini untuk pendidikanmu.

5. Ilmu Komputer


Jurusan Ilmu Komputer adalah studi tentang komputer dan sistem computing. Jurusan ilmu komputer kebanyakan berurusan dengan software dan sistem software, ini termasuk teori, desain, pengembangan, dan aplikasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)