Sastra Jawa Kuno, Jurusan Langka yang Hanya Ada di Universitas Udayana

Rabu, 15 November 2023 - 18:03 WIB
loading...
Sastra Jawa Kuno, Jurusan Langka yang Hanya Ada di Universitas Udayana
Gedung Rektorat Universitas Udayana (UNUD). Foto/Neneng Zubaidah.
A A A
BALI - Universitas Udayana (UNUD) memiliki jurusan kuliah yang terbilang langka yaitu Sastra Jawa Kuno. Jurusan ini dibuka di jenjang S1 dan memiliki prospek kerja menjanjikan.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Udayana (UNUD) Prof. Ir. I Ketut Sudarsana mengatakan, Universitas Udayana memiliki jurusan yang terbilang langka, tak hanya di Indonesia namun juga di dunia yaitu Sastra Jawa Kuno.

"Universitas Udayana memiliki jurusan Sastra Jawa Kuno. Ini jenjang S1 dan ada di Fakultas Sastra dan Budaya. Ini satu-satunya di dunia," katanya, ditemui di gedung Rektorat Universitas Udayana, Rabu (15/11/2023).

Baca juga: KIP-K dan Beasiswa ADik Perluas Akses Mahasiswa Tak Mampu Kuliah di UNUD

Prof Sudarsana mengatakan, setiap tahunnya jurusan Sastra Jawa Kuno menerima 15 mahasiswa dan banyak mahasiswa dari luar Jawa yang mendaftar ke jurusan ini. Sastra Jawa kuno, katanya, dikenal dengan bahasa Kawi atau bahasa Jawa Kuno.

Diketahui, bahasa Jawa Kuno adalah salah satu jenis bahasa yang pernah berkembang di Pulau Jawa pada zaman kerajaan Hindu-Budha di Indonesia dan pada masa itu biasa digunakan untuk penulisan karya-karya sastra.

"Dosen-dosennya kami datangkan dari Bali," kata Wakil Rektor III, ketika ditemui di gedung Rektorat Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Rabu (15/11/2023).

Dia menuturkan, lulusan dari jurusan Sastra Jawa Kuno berpeluang bekerja sebagai dosen bahkan bekerja di instansi pemerintahan. Lulusannya juga bisa bekerja sebagai tenaga pustakawan dan bidang-bidang lainnya.

Baca juga: 8 Jurusan Soshum yang Cepat Dapat Kerja, Ada Pilihanmu?

Dikutip dari laman Universitas Udayana, program studi Sastra Jawa Kuno awalnya bernama jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Kuno berdiri sejak 29 September 1958 bertepatan dengan dibukanya Fakultas Sastra Udayana yang merupakan bagian Universitas Airlangga (Unair).

Sejak berdirinya Universitas Udayana 17 Agustus 1962 dan pada tahun 1963 jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Kuno secara resmi berada di bawah Fakultas Sastra Universitas Udayana sekarang menjadi Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana.

Pada tahun 1985 jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Kuno menjadi Program Studi Bahasa dan Sastra Jawa Kuno di bawah Jurusan Sastra Daerah bersama Program Studi Bahasa dan Sastra Bali dan pada 2010 berdiri sendiri dengan nama Program Studi Sastra Jawa Kuno.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)