Biaya Pendidikan Dokter Spesialis Mata, Segini Kisarannya

Jum'at, 17 November 2023 - 10:49 WIB
loading...
Biaya Pendidikan Dokter Spesialis Mata, Segini Kisarannya
Biaya pendidikan dokter spesialis mata sangat beragam tergantung universitas. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Biaya pendidikan dokter spesialis mata sangat beragam tergantung universitas. Hal ini karena dipengaruhi beberapa faktor seperti kampus yang dipilih hingga biaya praktikum kedokteran.

Untuk menjadi seorang dokter spesialis mata memerlukan komitmen besar baik dari segi waktu maupun finansial. Biaya pendidikan untuk menjadi seorang oftalmologis (dokter spesialis mata) juga tidak murah.

Beberapa faktor yang menjadikan biaya tersebut tinggi. Sehingga dibutuhkan tekad yang kuat dan kesiapan mental dan finansial untuk bisa berkomitmen.

Biaya Pendidikan Dokter Spesialis Mata


Di Indonesia, SPP untuk pendidikan dokter spesialis mata berkisar antara Rp25 juta hingga Rp40 juta per semester. Sebagai contoh, Universitas Indonesia (UI) membuka program pendidikan dokter spesialis mata.



Berdasarkan SK Biaya Pendidikan UI Tahun 2022, biaya pendidikan dokter spesialis mata dibagi menjadi dua kategori. Pertama, kelas reguler dengan dana pengembangan sebesar Rp38,5 juta serta biaya operasional pendidikan yang dibayarkan per semester dengan jumlah Rp16,5 juta.

Kedua, kelas khusus dengan dana pengembangan yang dibayarkan pada awal kuliah sebesar Rp46,2 juta serta biaya operasional pendidikan yang dibayarkan per semester dengan jumlah Rp27,5 juta.

Tak hanya di Universitas Indonesia, Universitas Airlangga juga membuka program studi pendidikan dokter spesialis mata dengan dua kategori.

Pertama untuk Warga Negara Indonesia dengan biaya Rp10 juta yang dibayarkan per semesternya dan uang kuliah awal Rp30 juta yang dibayarkan satu kali di awal perkuliahan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8418 seconds (0.1#10.140)