Mau Kuliah di Kampus Keagamaan Islam? Ini 4 UIN Berstatus Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Sabtu, 18 November 2023 - 07:00 WIB
loading...
Mau Kuliah di Kampus Keagamaan Islam? Ini 4 UIN Berstatus Akreditasi Unggul dari BAN-PT
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi salah satu UIN dengan akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 4 UIN berstatus akreditasi Unggul dari BAN-PT yang perlu diketahui. Kamu berminat kuliah di perguruan tinggi keagamaan Islam di 2024? Jika iya ada baiknya kamu mencari informasi mengenai profil universitas bersangkutan, salah satunya soal akreditasinya.

Di Indonesia, ada banyak UIN yang memiliki kualitas pendidikan yang tak baik dengan perguruan tinggi lainnya.Salah satu parameter untuk menilai sebuah universitas itu berkualitas baik atau tidak adalah Akreditasi. Akreditasi di BAN-PT, mulai dari Tidak Terakreditasi, Predikat Baik, Predikat Baik Sekali, dan Predikat Unggul.

Bila calon mahasiswa bisa masuk UIN dengan status akreditasi Unggul dari BAN-PT, maka memiliki akses sumber daya yang lebih baik, seperti dana penelitian, dukungan pemerintah, dan sponsor industri. Supaya lebih jelas, artikel kali ini akan mengulas informasi 4 UIN yang memiliki status akreditasi Unggul dari BAN-PT, simak ya!

4 UIN Berstatus Akreditasi Unggul dari BAN-PT


Melansir laman BAN-PT, Rabu (15/11/2023) berikut 4 UIN berstatus akreditasi Unggul dari BAN-PT.

1.Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh


Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, disingkat UINAR, merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang terletak di Banda Aceh Provinsi Aceh. Jurusan di UIN Ar Raniry: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Sosial dan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Ilmu Psikologi

2. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang


Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 50 tanggal 21 Juni 2004. Jurusan apa saja yang ada di UIN Maulana Malik Ibrahim: Jurusan Matematika, Jurusan Biologi, Jurusan Fisika, Jurusan Kimia, Jurusan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Arsitektur. Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi.


3. UIN Raden Fatah Palembang


Universitas Islam Negeri Raden Fatah adalah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Palembang. UIN Palembang diberi nama Raden Fatah, yaitu seorang ulama dari Palembang dan pendiri Kerajaan Demak. Jurusan UIN Raden Fatah yakni: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Adab dan Humaniora, dan Fakultas Psikologi

4. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta


UIN Sunan Kalijaga merupakan lembaga pendidikan tinggi Islam tertua di tanah air. Pada tanggal 14 Oktober 2004, terjadi transformasi perkembangan kelembagaan, yaitu transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. Fakultas di UIN Sunan Kalijaga yakni Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Fakultas Dakwan dan Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)