5 Universitas yang Memiliki Jurusan Administrasi Rumah Sakit Unggul di Indonesia

Selasa, 21 November 2023 - 11:08 WIB
loading...
5 Universitas yang Memiliki Jurusan Administrasi Rumah Sakit Unggul di Indonesia
Salah satu universitas yang memiliki jurusan adminitrasi rumah sakit unggul di Indonesia adalah Magister Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 universitas yang memiliki jurusan administrasi rumah sakit unggul di Indonesia. Kegiatan rumah sakit tidak melulu soal melayani pasien saja namun juga berjalannya sebuah organisasi.

Ketika memandang rumah sakit sebagai sebuah organisasi, ilmu-ilmu kepemimpinan dan manajerial tentu mutlak diperlukan. Dan dalam konteks ini jurusan administrasi rumah sakit menjadi pilihan tepat untuk memperdalam ilmu manajerial rumah sakit.

barat kapal tanpa nahkoda, organisasi tanpa pimpinan tentu mempersulit tercapainya tujuan. Hal inilah yang kemudian membuat jurusan administrasi rumah sakit menjadi penting.Lalu perguruan tinggi mana saja yang saat ini membuka jurusan administrasi rumah sakit? Artikel kali ini akan menjawabnya, simak ya!

5 Universitas yang Memiliki Jurusan Administrasi Rumah Sakit Unggul


1. Kajian Administrasi Rumah Sakit Universitas Indonesia (S2)


Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit Universitas Indonesia merupakan bagian dari Program Magister di UI. Berada dalam naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat, lulusan dari program ini akan menyandang gelar MARS atau Magister Administrasi Rumah Sakit.

Untuk lulus dari program studi ini, mahasiswa perlu menempuh beban studi dengan total 42 SKS. Tidak seperti jurusan kedokteran yang mempelajari berbagai penyakit dan ilmu-ilmu kesehatan, Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit UI memiliki berbagai mata kuliah manajemen, kepemimpinan, serta organisasi. Mata kuliah manajemen yang akan dipelajari di jurusan ini diantaranya adalah:

1. Manajemen Risiko dan Penjaminan Kualitas di OPK
2. Manajemen Keuangan OPK
3. Manajemen Strategis Pemasaran OPK (RS)
4. Manajemen Logistik OPK (RS)
5. Manajemen Pelayanan Pasien dan Keperawatan
6. Manajemen Sistem Informasi RS


2. Magister Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (S2)


Program studi Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga berada pada jenjang S2. Program ini bahkan juga sudah mengantongi status akreditasi A.

Program Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) UMY didirikan sejak tahun 2010. Program ini pada mulanya berada dalam lingkup Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UMY.

Pendirian Program Magister Administrasi Rumah Sakit UMY bermula dari kesadaran akan peningkatan jumlah rumah sakit setiap tahunnya. Selain itu, berdasarkan Permenkes no.971/Menkes/Per/XI/2009 tentang Standar Kompetensi Jabatan Struktural Kesehatan, sebuah rumah sakit harus dipimpin oleh tenaga ahli yang memiliki kemampuan manajerial.

3. Administrasi Rumah Sakit Universitas Alma Ata (S1)


Mungkin sebagian besar dari kamu belum pernah mendengar Universitas Alma Ata. Universitas ini merupakan universitas swasta yang berlokasi di Yogyakarta, tepatnya di kawasan Kasihan, Bantul. Pada mulanya, perguruan tinggi ini berupa STIKES dan STIA Alma Ata.

Pendirian program studi administrasi rumah sakit di universitas ini merupakan upaya untuk menjawab kompleksitas permasalahan di bidang perumahsakitan.

4. Administrasi Rumah Sakit Universitas Respati Indonesia (S2)


Selain Universitas Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Respati Indonesia (Urindo) juga menyelenggarakan jurusan Administrasi Rumah Sakit untuk jenjang S2. Gelar yang diterima lulusannya pun sama, yakni Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS).

Universitas yang berlokasi di kawasan Jakarta Timur ini bertujuan untuk menghasilkan seorang manajer rumah sakit yang profesional dan visioner. Butuh waktu paling tidak empat semester untuk menempuh pendidikan di jurusan ini.

5. Administrasi Rumah Sakit Politeknik Al-Islam Bandung (D3)


Program administrasi rumah sakit di Politeknik Al-Islam berada pada jenjang D3 yang nantinya akan menghasilkan sarjana terapan. Program studi Administrasi Rumah Sakit di Politeknik Al-Islam didirikan sejak tahun 2001.

Lulusan dari jurusan ini diharapkan dapat menjado pemimpin maupun staff pelayanan administrasi di bidang kesehatan yang kompeten. Prospek kerja lulusan D3 Prodi Administrasi Rumah Sakit Politeknik Al-Islam mencakup rumah sakit, klinik, sarana penunjang diagnostik, dan institusi kesehatan lainnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0737 seconds (0.1#10.140)