UBL akan Buka Prodi Data Sains Bertaraf Internasional

Jum'at, 24 November 2023 - 13:50 WIB
loading...
UBL akan Buka Prodi Data Sains Bertaraf Internasional
Menandai rangkaian peringatan HUT ke-45, Universitas Budi Luhur (UBL) meluncurkan logo Budi Luhur 45 Tahun. Foto/UBL.
A A A
JAKARTA - Universitas Budi Luhur (UBL) akan membuka program studi baru , Data Sains. Prodi baru ini dinilai penting demi mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin cepat yang membutuhkan talenta digital unggul.

Rektor UBL Wendi Usino mengatakan, pihaknya menargetkan untuk menjadi kampus unggul pada ulang tahun yang ke 50 nanti. UBL pada 1 April 2024 akan memperingati perayaan HUT ke-45.

“Kita sudah ada target untuk menjadi kampus unggul pada HUT yang ke-50. Langkahnya sudah kita mulai dan akan terus diperkuat,” katanya pada peluncuran logo Budi Luhur 45 Tahun, dalam keterangan resmi, Jumat (24/11/2023).

Baca juga: 10 Universitas dengan Jurusan Sosial Terbaik di Asia Tenggara, UI Masuk Daftar

Terkait program unggulan HUT ke-45, UBL kata Rektor tengah mempersiapkan pembukaan program studi internasional yang baru yakni Prodi Data Sains. Untuk membuka prodi baru ini, UBL menggandeng dua universitas ternama dari Belgia dan Belanda.

“Jadi nantinya kelas ini menggunakan pengantar bahasa Inggris. Mahasiswanya juga internasional bisa dari mana saja, termasuk dosennya,” kata Rektor.

Ditargetkan pada tahun ajaran baru 2024, Prodi Data Sains ini sudah bisa menerima mahasiswa baru dan memulai kegiatan perkuliahan. Rektor optimistis prodi Data Sains ini akan disambut positif oleh masyarakat mengingat data, big data, dan teknologi kecerdasan buatan (AI) kini sedang menjadi tren.

Baca juga: 4 Jenis Beasiswa Luar Negeri yang Jarang Dilirik Padahal Bertabur Fasilitas, Berani Daftar?

“Sama halnya tahun lalu kita membuka prodi manajemen bencana, ternyata animo masyarakat cukup tinggi. Ini adalah satu-satunya kampus yang punya prodi Manajemen Bencana. Pun dengan prodi Data Sains kami berharap hal yang sama. Karena momentumnya memang sangat tepat,” tegas Rektor.

Wendi mengatakan, Prodi Manajemen Bencana mengajarkan para mahasiswa untuk belajar mitigasi, tanggap bencana, pasca bencana.

Dalam pengembangan prodi yang berusia setahun ini, Wendi mengatakan pihaknya bekerja sama dengan kampus Jepang dan Filipina.

"Para mahasiswa diajarkana mahasiswa agar mereka siap menghadapi penanganan bencana secara langsung," tutur Wendi.

Dirinya mengungkapkan pada peringatan HUT ke-45 pada April 2024, UBL bakal menggelar Jambore Potensi SAR se-Indonesia hingga ajang Robotic for Better Life.

Mengambil tema Melestarikan dan Memakmurkan Bumi demi Kesejahteraan Ummat-Nya, logo Budi Luhur 45 Tahun merupakan hasil seleksi ketat dari kompetisi yang digelar sejak 17 Oktober hingga 10 November 2023.

Kompetisi diikuti oleh 92 peserta dan keluar sebagai pemenang adalah logo karya Viero Al Hafidz, mahasiswa semester 7 program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UBL.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)