Mengincar CPNS Kemenkumham? Catat! Lulusan 10 Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan

Senin, 27 November 2023 - 07:42 WIB
loading...
Mengincar CPNS Kemenkumham? Catat! Lulusan 10 Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan
Sejumlah jurusan kuliah yang lulusannya banyak dibutuhkan menjadi CPNS di Kemenkumham di antaranya, manajemen, keperawatan, akuntansi dan teknik informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 jurusan kuliah yang lulusannya banyak dibutuhkan CPNS di Kemenkumham RI. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) termasuk instansi pemerintahan yang populer diburu banyak fresh graduate.

Selain status sebagai PNS yang memiliki masa depan jelas, bidang hukum selama ini juga termasuk profesi yang banyak dibutuhkan dan bisa dijadikan pilihan karier di masa depan, termasuk dalam hal ini Kemenkumham.

Artikel kali ini secara khusus akan membahas 10 jurusan yang lulusannya banyak dbutuhkan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kementerian yang saat ini dipimpinYassona Laoly ini.

10 Jurusan yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan Jadi CPNS Kemenkumham


1. Hukum
Jurusan Hukum sudah pasti dibutuhkan di Kemenkumham. Lulusan jurusan ini akan menempati jabatan ahli pratama dengan spesifikasi yang cukup banyak. Misalnya Ahli Pertama Analisis Hukum atau Ahli Pertama Analisis Anggaran.

2. Keperawatan


Pada tahun 2021, Jurusan Keperawatan memiliki banyak kuota selama seleksi CPNS Kemenkumham dibuka. Yakni sebesar 180 orang untuk mengisi jabatan Terampil - Perawat.

3. Akuntansi


Baik jenjang D3 maupun S1, Jurusan Akuntansi banyak dibutuhkan di beberapa jabatan CPNS Kemenkumham.


4. Teknik Informatika


Lulusan Jurusan Teknik Informatika atau jurusan terkait, juga memiliki peluang jadi CPNS . Sebab, lulusan ini akan ditempatkan di jabatan Ahli Pertama Pranata Komputer.

5. Manajemen


Kemenkumham juga membutuhkan banyak lulusan S1 Jurusan Manajemen dari seleksi tahun 2021.

6. Psikologi


Jurusan Psikologi juga dibuka melalui seleksi ini untuk menempati jabatan Ahli Pertama Pembimbing Kemasyarakatan.

7. Ilmu Komunikasi


Jurusan bidang Sosial Humaniora atau Soshum ini juga termasuk jurusan yang dibutuhkan. Tak hanya di Kemenkumham , hampir banyak instansi pemerintah juga membuka formasi untuk jurusan ini.

8. Administrasi Publik


Jurusan ini berfokus pada kebijakan publik, manajemen publik, administrasi pembangunan, dan etika yang mengatur penyelenggaraan negara. Karena itu termasuk jurusan yang dibutuhkan banyak instansi pemerintah.

9. Ekonomi


Meski Kementerian ini bergerak di bidang hukum dan HAM tetap saja memerlukan jurusan ekonomi untuk mengatur anggaran kementerian agar berjalan dengan baik.

10. Ilmu Pemerintahan


Ilmu pemerintahan termasuk jurusan yang masih banyak dibutuhkan menjadi CPNS tidak hanya Kemenkumham tetapi juga instansi lainnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)