Gudangnya Kampus, Ini 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Jawa Timur Versi QS AUR 2024

Rabu, 29 November 2023 - 12:07 WIB
loading...
Gudangnya Kampus, Ini 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Jawa Timur Versi QS AUR 2024
Universitas Brawijaya (UB) masuk sebagai satu dari 10 perguruan tinggi terbaik di Jawa Timur menurut peringkat yang dikeluarkan QS AUR 2024. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Ini daftar 10 perguruan tinggi terbaik di Jawa Timur versi QS AUR 2024. Provinsi Jawa Timur (Jatim) merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak perguruan tinggi berkualitas. Tak heran apabila Jawa Timur menjadi salah satu barometer pendidikan tinggi di Indonesia.

Cuma masalahnya terkadang dengan banyaknya universitas di Jatim membuat kamu bingung untuk menentukan pilihan. Nah salah satu cara untuk mengetahui kualitas perguruan tinggi, maka salah satunya bisa dilakukan dengan melihat daftar peringkat yang dikeluarkan lembaga pemeringkatan, salah satunya lembaga Quacquarelli Symonds (QS).

QS Asia University Rangkings (QS AUR) 2024 baru-baru ini telah merilis daftar kampus terbaik di dunia maupun Indonesia. Untuk memberikan peringkat, QS AUR 2023 menerapkan 11 indikator, yakni reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, kutipan per makalah, makalah per fakultas, rasio mahasiswa fakultas, jaringan penelitian internasional, fakultas internasional, mahasiswa internasional, mahasiswa pertukaran inbound, mahasiswa pertukaran outbond, dan staf dengan gelar PhD.

Untuk lebih jelasnya, artikel kali ini akan secara khusus mengulas daftar 10 perguruan tinggi terbaik Indonesia menurut lembaga pemeringkat QS AUR 2024, daftarnya berikut ini, simak ya!

10 Perguruan Tinggi Terbaik di Jawa Timur Versi QA AUR 2024


1. Universitas Airlangga (Unair)


Unair meraih skor total 53,1 dan menduduki peringkat ke-67 di Asia dan ke-4 di Indonesia. Kampus ini menjadi satu perguruan tinggi tertua di Indonesia yang didirikan pada tahun 1954.

Kampus yang terletak di Surabaya ini memiliki 58 program studi sarjana serta 116 program pascasarjana. Unair menawarkan berbagai program studi di bidang kesehatan, sosial, humaniora, teknik, dan sains.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


ITS meraih skor total 36,3 dan menduduki peringkat ke-128 di Asia dan ke-6 di Indonesia. ITS merupakan kampus yang berfokus pada bidang teknologi dan sains. ITS memiliki 7 fakultas yang mencakup 33 program sarjana, 6 program vokasi, 20 program magister, 15 program doktor, dan 20 program sarjana internasional.


3. Universitas Brawijaya (UB)


UB meraih skor total 26 dan menduduki peringkat ke-208 di Asia dan ke-9 di Indonesia. UB merupakan kampus yang berdiri sejak tahun 1963 dan memiliki visi menjadi universitas berkelas dunia. Kampus UB menawarkan berbagai program studi di bidang pertanian, kedokteran, hukum, ekonomi, ilmu komputer, dan lain-lain dari jenjang diploma hingga pascasarjana.

4. Universitas Negeri Malang (UM)


Universitas Negeri Malang meraih skor yang tidak diumumkan dan menduduki peringkat antara 651-700 di Asia dan ke-22 di Indonesia. UM merupakan kampus yang berawal dari institut pendidikan guru pada tahun 1954. UM memiliki 27 program sarjana serta 17 program pascasarjana.

5. Universitas Kristen Petra


Universitas Kristen Petra meraih skor yang tidak diumumkan dan menduduki peringkat antara 651-700 di Asia dan ke-23 di Indonesia. Universitas ini merupakan kampus yang didirikan pada tahun 1961. Universitas Kristen Petra memiliki 7 fakultas dengan total 22 jurusan atau program studi.

6. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Universitas Muhammadiyah Malang meraih skor yang tidak diumumkan dan menduduki peringkat antara 651-700 di Asia dan ke-25 di Indonesia. UMM merupakan kampus yang berdiri sejak tahun 1964.

UMM memiliki berbagai fakultas mulai dari bidang kedokteran, hukum, ekonomi, teknik, ilmu komputer, dan lain-lain. Baca juga: Biaya Kuliah S1 Universitas Kristen Maranatha 2024

7. Universitas Surabaya (Ubaya)

Ubaya meraih skor yang tidak diumumkan dan menduduki peringkat antara 701-750 di Asia dan ke-30 di Indonesia. Ubaya merupakan kampus yang didirikan pada tahun 1968 oleh Yayasan Perguruan Tinggi Surabaya.Ubaya menawarkan berbagai program studi di bidang farmasi, psikologi, hukum, bisnis, teknik, ilmu komputer, dan kesehatan dari jenjang diploma hingga pascasarjana.

8. Universitas Jember (Unej)


Kampus Unej meraih skor yang tidak diumumkan dan menduduki peringkat di atas 801 di Asia dan ke-40 di Indonesia. Unej merupakan kampus yang berdiri sejak tahun 1964 dan merupakan cabang dari Universitas Airlangga. Unej memiliki 15 fakultas yang menawarkan program studi di bidang pertanian, kedokteran, hukum, ekonomi, ilmu sosial, dan ilmu alam.

9. Universitas Ciputra Surabaya


Universitas Ciputra Surabaya meraih skor yang tidak diumumkan dan menduduki peringkat di atas 801 di Asia dan ke-41 di Indonesia. Universitas Ciputra Surabaya merupakan kampus yang didirikan pada tahun 2006 oleh Yayasan Ciputra Pendidikan. Universitas ini memiliki 7 fakultas yang terdiri dari 17 program dengan lebih dari 5.500 mahasiswa.

10. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)


Universitas Negeri Surabaya meraih skor yang tidak diumumkan dan menduduki peringkat di atas 801 di Asia dan ke-42 di Indonesia. Unesa Merupakan kampus yang didirikan pada tahun 1964, sebelumnya kampus ini merupakan kampus keguruan atau IKIP. Universitas ini memiliki berbagai program studi jenjang sarjana dan pascasarjana.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)