5 Jurusan yang Lulusannya Paling Dibutuhkan Jadi PNS di Kementan, Hukum hingga Teknik

Senin, 04 Desember 2023 - 10:41 WIB
loading...
5 Jurusan yang Lulusannya Paling Dibutuhkan Jadi PNS di Kementan, Hukum hingga Teknik
Lulusan Fakultas Peternakan serta lulusan Fakultas Pertanian menjadi dua jurusan yang alumninya banyak dibutuhkan menjadi PNS di Kementerian Pertanian. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 jurusan kuliah yang lulusannya paling dibutuhkan jadi PNS di Kementan . Profesi Pegawai Negeri Sipil atau PNS menjadi idaman bagi sebagian besar orang di Indonesia.

PNS dikenal sebagai pekerjaan yang menjanjikan di masa depan, sebab salah satunya masa tua yang terjamin. Salah satu instansi terfavorit dengan jumlah peminat terbanyak pada seleksi CPNS ialah Kementerian Pertanian (Kementan).

Pada seleksi CPNS 2021 misalnya, kementerian yang kini dipimpin Amran Sulaiman ini duduk di urutan 15 besar kementerian dengan jumlah peminat terbanyak. Artikel kali ini secara khusus akan membahas jurusan kuliah yang alumni banyaknya dibutuhkan Kementan.

5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dibutuhkan Jadi PNS di Kementan


1. Pertanian dan Peternakan


Tentu saja jurusan kuliah pertama yang paling dibutuhkan di Kementan adalah dari Pertanian. Sebaran formasi di seleksi CPNS cukup beragam. Berbagai jurusan kuliah rumpun pertanian dan peternakan banyak dibutuhkan seperti pada formasi Analis Ketahanan Pangan, Pranata Laboratorium Pendidikan, Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan, Analis Pembukaan Lahan, Analis Perencanaan, Analis Rehabilitasi dan Konservasi Lahan, dan lain-lain.

2. Hukum


Jurusan kuliah Hukum juga menjadi salah satu yang dibutuhkan sebagai PNS di Kementerian Pertanian. Tak hanya bisa menjadi seorang jaksa dan hakim, jurusan hukum juga bisa mendaftar PNS pada jabatan yang sesuai.



Pada penerimaan seleksi CPNS Kementan, cukup banyak posisi yang mensyaratkan lulusan jurusan ini, seperti formasi jabatan Analis Hukum, Analis Kemitraan, Analis Kerja Sama, Analis Perencanaan dan Kerjasama, Analis Produk Hukum, dan lain-lain.

3. Jurusan kuliah rumpun Ekonomi dan Administrasi


Terbilang cukup banyak dibutuhkan sebagai PNS di Kementerian Pertanian. Sebab, berbagai formasi dari rumpun jurusan kuliah Ekonomi dan Administrasi tersedia di Kementan, contohnya jurusan Ekonomi Pertanian, Ekonomi Keuangan, Manajemen, Administrasi Publik, Akuntansi, dan masih banyak lagi.

Jurusan kuliah ini bisa mengisi formasi jabatan sebagai Arsiparis, Analis sumberdaya manusia aparatur, Analis anggaran, dan lainnya.

4. Kedokteran Hewan


Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan sebagai PNS di Kementan yakni Kedokteran Hewan dengan jumlah formasi CPNS tahun sebelumnya paling banyak berjumlah 31 formasi yang dibutuhkan. Lulusan dokter hewan profesi bisa mengisi jabatan sebagai dokter hewan karantina.

5. Jurusan kuliah rumpun Teknik


Jurusan kuliah rumpun teknik ternyata juga dibutuhkan sebagai PNS di Kementan. Adapun jurusan teknik yang bisa mengisi formasi CPNS Kementerian Pertanian, di antaranya Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Pertanian, dan lain-lain.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)