9 PTN yang Memiliki Rumah Sakit Pendidikan, Fasilitas Penting untuk Daftar Kedokteran

Selasa, 05 Desember 2023 - 12:18 WIB
loading...
9 PTN yang Memiliki Rumah Sakit Pendidikan, Fasilitas Penting untuk Daftar Kedokteran
Rumah Sakir Pendidikan Universitas Indonesia (UI) menjadi fasilitas penting Fakultas Kedokteran UI yang bisa menjadi informasi penting bagi calon mahasiswa. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 9 PTN di Indonesia yang punya RS pendidikan. Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) ternama selain membuka jurusan Kedokteran juga punya rumah sakit akademik atau rumah sakit pendidikan.

Ada perbedaan rumah sakit (RS) pendidikan dengan rumah sakit biasa. Perbedaan utamanya adalah rumah sakit pendidikan dalam melaksanakan kesehariannya mengintegrasikan layanan kesehatan primer, sekunder, dan tersier.

Selain itu rumah sakit pendidikan juga menjadi ajang pelatihan bagi para calon tenaga kesehatan sebelum benar-benar terjun dalam praktik.Dan perlu dicatat, tidak semua universitas yang membuka jurusan kedokteran memiliki fasilitas RS pendidikan.

Dengan kata lain, fasilitas RS pendidikan sangat penting bagi sebuah universitas yang membuka jurusan kedokteran. Dilansir dari berbagai sumber, artikel kali ini akan memaparkan 9 PTN yang memiliki rumah sakit pendidikan, simak ya!

9 PTN dengan Jurusan Kedokteran yang Memiliki Rumah Sakit Pendidikan


1. Universitas Indonesia (UI)


Siapa yang tak ingin kuliah di Kedokteran UI? Bahkan Rumah Sakit Universitas Indonesia ini merupakan Rumah Sakit Pendidikan Tinggi Negeri (RS PTN) pertama di Indonesia. RS UI punya konsep hijau atau green hospital concept yang ramah lingkungan dan mengutamakan pada keselamatan pasien.

Salah satu unggulan RS UI ini adalah memiliki konsep one stop health service. Rumah sakit ini juga punya fasilitas rawat inap, ruang observasi bagi mahasiswa kedokteran, dan infrastruktur teknologi yang mendukung pembelajaran medis. Hal menarik yang ada di RS UI adalah memiliki bangunan dengan konstruksi anti-gempa dan kompartemen tahan api di setiap lantai.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia, UGM juga punya rumah sakit pendidikan. Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM) ini berlokasi di Jalan Kabupaten, Kranggahan I, Trihanggo, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55291.


RSA UGM ini ditetapkan sebagai rumah sakit tipe B pada tahun 2014. Layanan RSA UGM ini cukup lengkap. Mulai dari rawat jalan, Instalasi Gawat Darurat, layanan hemodialisasi, layanan rehabilitasi medik, pelayanan rawat intensig hingga rawat inap.

3. Universitas Diponegoro (Undip)


Rumah Sakit Nasional Diponegoro merupakan rumah sakit milik Undip Semarang dan merupakan rumah sakit tipe C terakreditasi KARS. RS Undip memiliki layanan gawat darurat, rawat inap, ICU, klinik rawat jalan, apotek, radiologi, laboratorium, rehabilitasi medik, kateterisasi jantung, cuci darah serta ambulans 24 Jam. Rumah sakit ini berada di Jalan Prof. Moeljono S Trastotenojo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275

4. Universitas Sebelas Maret (UNS)


Rumah Sakit UNS Surakarta merupakan rumah sakit pendidikan milik Universitas Sebelas Sebelas Maret. Rumah Sakit UNS berada di Jalan Ahmad Yani 200 Makamhaji Kartasura Sukoharjo, Sukoharjo, Jawa Tengah.

RS UNS Solo merupakan rumah sakit dengan tipe pelayanan A, B dan C dan memiliki 200 kamar. Selain itu ada layanan 10 poliklinik spesialis dan fasilitas Instalasi Gawat Darurat beserta Laboratorium yang buka selama 24 jam.

5.Universitas Airlangga (Unair)


Rumah Sakit Universitas Airlangga berlokasi di Kampus C Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur. RS Unair juga memiliki Airlangga Aesthetic Center (ACC) yang baru diresmikan pada akhir 2018. Indonesia varises, skin and facial aesthetic, stem cell anti aging, dan dental aesthetic menjadi unggulan ACC RSUA.

Rumah sakit Universitas Airlangga memiliki fasilitas seperti instalasi rawat jalan, rawat inap, farmasi 24 jam, IGD 24 jam, gizi klinik, kedokteran fisik dan rehabilitasi, laboratorium, medical check up, radiologi, serta rekam medis dan informasi kesehatan.

6.Universitas Brawijaya (UB)


Salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Jawa Timur, Universitas Brawijaya (UB) juga memiliki rumah sakit pendidikan. RSUB berada di Jalan Soekarno-Hatta, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. RSUB mulai dibangun sejak 2010. RS UB dilengkapi dengan IGD, poli anak, poli jantung, poli kandungan, kamar operasi, farmasi, ICU, kamar bersalin.

7. Universitas Andalas (Unand) Padang


Rumah sakit Unand berada di kompleks kampus Unand Limau Manis, kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat. Fasilitas unggulan di rumah sakit ini adalah menangani penyakit keganasan dan gastrointestinal.

Pelayanan meliputi pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat inap, pelayanan kamar operasi, pelayanan UGD, instalasi farmasi, pelayanan pasien rujukan, pelayanan ICU, ambulance, pelayanan penunjang (radiologi, laboratorium dan gizi) serta dilengkapi fasilitas radioterapi yang sangat modern

8. Universitas Riau


Satu lagi PTN di luar Pulau Jawa yang punya rumah saktit pendidikan. Rumah Sakit Universitas Riau (RSUR) adalah sebuah rumah sakit umum yang terletak di Panam, Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Rumah Sakit Universitas Riau ini punya sejumlah poliklinik yang bisa dimanfaatkan masyarakat di Riau dan sekitarnya. Tepatnya di Kampus Bina Widya, Jalan HR. Soebrantas Panam Km 12.5, Simpang Baru, Panam, Kota Pekanbaru, Riau.

9. Universitas Hasanuddin (Unhas)


PTN yang berada di Makassar, Unhas juga punya rumah sakit pendidikan sendiri. Yakni rumah sakit Universitas Hasanuddin (Unhas) yang berada di Km 11, Jalan P.Kemerdekaan, Tamalanrea Indah, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Rumah sakit ini telah mengembangkan layanan unggulan seperti Cancer Center, Trauma Center, Eye Center, Diagnostic Center, Cerebral and Vascular Intervention Center, Fertility Endocrine Reproductive Center.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)