Cetak Quattrick, Undip Kampus Hijau Terbaik Kedua Indonesia di UI GreenMetric 2023

Rabu, 06 Desember 2023 - 09:35 WIB
loading...
Cetak Quattrick, Undip Kampus Hijau Terbaik Kedua Indonesia di UI GreenMetric 2023
Undip menempati ranking kedua kampus terbaik di Indonesia versi UI GreenMetric World University Rankings 2023. Foto/Undip.
A A A
JAKARTA - Universitas Diponegoro (Undip) menempati ranking kedua universitas terbaik di Indonesia versi UI GreenMetric World University Rankings 2023. Pemeringkatan tahun ini membuat Undip mencetak quattrick.

The 2nd Most Sustainable University di Indonesia diraih Undip pada UI Green Metric World University Rankings 2023. Ini merupakan kemenangan quattrick Undip di peringkat kedua sebagai universitas hijau dan ramah lingkungan selama empat tahun berturut-turut mulai tahun 2020, 2021, 2022, dan 2023.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. menyampaikan bahwa prestasi ini merupakan apresiasi sekaligus dorongan untuk Undip agar terus mempertahankan dan meningkatkan untuk mewujudkan kampus hijau, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi UI GreenMetric 2023, Undip Ungguli UGM dan IPB

Prof Yos juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika dan keluarga besar Undip yang telah melaksanakan program Sustainable and Green Campus dengan kegiatan ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Undip juga berupaya memperluas kawasan terbuka hijau berupa pembuatan taman dan hutan kampus, efesiensi energi, penggunaan energi ramah lingkungan, konservasi air, transportasi hijau, serta pembangunan kampus dengan konsep green and smart building," ujarnya, dikutip dari laman Undip, Rabu (6/12/2023).

Ke depannya, ungkap Rektor, Undip berharap dapat berkontribusi lebih banyak untuk ikut mengurangi dampak perubahan iklim dengan menjaga kelestarian dan konservasi sumber daya alam sehingga berdampak baik bagi bumi kita tercinta.

Penilaian UI GreenMetric World University Rankings berdasarkan tingkat kepedulian terhadap isu bumi dan iklim, konservasi energi dan air, penanggulangan sampah, dan transportasi ramah lingkungan.

Baca juga: Raih IPK 3.83, Mahasiswa Psikologi Ini Lulus Cumlaude di Undip

Analisis UI GreenMetric World University Rankings dilakukan berdasarkan 39 indikator pada 6 kriteria yaitu Pengaturan dan Infrastruktur (Settings & Infrastructure), Perubahan Energi dan Iklim (Energy & Climate Change), Limbah (Waste), Air (Water), Transportasi (Transportation), serta Pendidikan dan Penelitian (Education & Research).

Dalam penilaian UI Greenmetric Trees Rating, Undip meraih skor 4.5. Sebagai kampus hijau, Undip mendukung pencapaian tujuan SDGs (Pembangunan Berkelanjutan).

Antara lain SDGs Goal 6 Clean Water and Sanitation (Air Bersih dan Sanitasi), Goal 7 Affordable and Clean Energy (Energi Terjangkau dan Bersih), Goal 11 Sustainable Cities and Communities (Kota dan Masyarakat Berkelanjutan), Goal 13 Climate Action (Aksi Iklim), dan Goal 15 Life on Land (Kehidupan di Alam).
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)