Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2024 Diumumkan Jumat, Akankah Ada Perubahan?

Rabu, 06 Desember 2023 - 14:19 WIB
loading...
Seleksi Penerimaan Mahasiswa...
Seleksi penerimaan mahasiswa baru 2024 akan diumumkan Tim SNPMB BPPP Jumat.8 Desember 2023. Foto/Humas IPB.
A A A
JAKARTA - Seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru 2024 akan diumumkan Jumat (8/12/2023). Ini akan menjadi informasi paling dinanti bagi calon mahasiswa baru dan juga sekolah.

Dalam akun Instagram Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) diinformasikan jika peluncuran seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru ke perguruan tinggi negeri (PTN) tahun depan akan diluncurkan lusa, 8 Desember 2023.

"Halo Calon Mahasiswa Indonesia! Peluncuran Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2024 akan dilaksanakan pada hari Jum'at, 08 Desember 2023," dikutip, Rabu (6/12/2023).

Baca juga: Calon Mahasiswa Baru, Kenali 6 Jalur Masuk PTN di Indonesia

Peluncuran ini akan menjadi awal dari seluruh agenda Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada tahun 2024. Mekanisme dan pola yang akan berlaku akan disampaikan secara lengkap. Mulai dari registrasi yang harus dilakukan siswa dan sekolah.

Tim SNPMB juga mengimbau agar pihak sekolah dan siswa yang akan terlibat langsung dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru dapat mengikuti dan mengetahui mekanisme pada tahun depan.

Medsos SNPMB BPPP untuk Melihat Peluncurannya


Biasanya SNPMB BPPP akan menyiarkan secara langsung peluncuran seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru di akun media sosial YouTube, Instagram, dan Facebook.

Baca juga: Menuju SNBP dan SNBT 2024, Lengkapi Alur Pendaftarannya

YouTube: SNPMB BPPP
Instagram: @_snpmbbppp
Facebook: SNPMB BPPP
X: @snpmb_bppp
TikTok: @snpmb_bppp

3 Mekanisme Penerimaan Mahasiswa Baru 2023

1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)


Seleksi nasional berdasarkan prestasi berfokus pada pemberian penghargaan yang tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah.

2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)


Seleksi nasional berdasarkan tes kini berfokus pada kemampuan penalaran dan pemecahan masalah.

3. Seleksi Mandiri


Pada jalur ini, pemerintah mengatur agar seleksi diselenggarakan secara lebih transparan dengan mewajibkan PTN untuk melakukan beberapa hal sebelum dan setelah pelaksanaan seleksi secara mandiri.

Baik SNBP , SNBT, dan Seleksi Mandiri merupakan pintu masuk bagi calon mahasiswa baru ke kampus negeri. Dengan mengetahui mekanisme ketiganya akan menjadi strategi yang baik di tengah sengitnya persaingan masuk PTN.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4634 seconds (0.1#10.140)