Mau Kuliah Gratis di Kampus BUMN? Ini 11 Beasiswa di Institut Teknologi PLN

Rabu, 06 Desember 2023 - 14:21 WIB
loading...
Mau Kuliah Gratis di Kampus BUMN? Ini 11 Beasiswa di Institut Teknologi PLN
IT PLN merupakan salah satu perguruan tinggi milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). yang berada di Menara PLN di Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Jakarta.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini informasi 11 beasiswa untuk kuliah di Institut Teknologi (IT) PLN yang perlu diketahui. Mau kuliah gratis di kampus BUMN yang lulusannya berpeluang besar direkrut perusahaan BUMN? Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (IT PLN) bisa menjadi jawabannya.

Kenapa? IT PLN merupakan salah satu perguruan tinggi milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). yang berada di Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Jakarta.

Meski tidak ada ikatan dinas dengan PLN, tapi lulusan IT PLN bisa diserap diterima dengan cepat di perusahaan dan dunia industri. Bagi kamu yang tertarik kuliah di IT PLN, jangan khawatir soal biaya kuliah. Pasalnya ada banyak sekali beasiswa yang ditawarkan. Apa saja? Artikel kali ini akan membahas khusus 11 beasiswa untuk kuliah di IT PLN, simak ya!

10 Beasiswa untuk Kuliah di Kampus IT PLN


1. Beasiswa KTI Gemilang


PLN Energi Primer Indonesia memberikan kesempatan beasiswa full melalui program KTI Gemilang. Beasiswa ini untuk 10 pendaftar gelombang mandiri dari Indonesia bagian Timur yakni Maluku, Kendari, Gorontalo hingga NTT.

Biaya pendidikan diberikan hingga lulus. Beasiswa penuh ini mencakup bebas SPP, bebas Uang Pangkal (UP), bebas UKT, dan bebas uang sidang. Namun, terkhusus beasiswa ini hanya dibuka untuk program studi S1 Teknik Sistem Energi, S1 Bisnis Energi, S1 Teknik Lingkungan, dan S1 Geografi.

2. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah)


KIP Kuliah merupakan bantuan beasiswa dari pemerintah khusus bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu. KIP Kuliah bisa dimanfaatkan untuk kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) termasuk IT PLN.

3. Beasiswa Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT PLN (Persero)


Beasiswa ini terbuka untuk Program Studi S1 Geografi, S1 Teknik Lingkungan, D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Tenaga Listrik. Mahasiswa yang berhasil menjadi penerima beasiswa Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT PLN akan mendapatkan keuntungan berupa kuliah di IT PLN tanpa beban biaya.

Beasiswa ini juga membuka pintu akses ke fasilitas pendidikan yang lengkap di ITPLN. Bukan hanya beasiswa, tapi juga dukungan dalam mengembangkan potensi.


4. Beasiswa Aperti BUMN


Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN) merupakan aliansi dari 8 perguruan tinggi yang dinauingi oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Beasiswa ini diberikan untuk siswa berprestasi se-Indonesia berupa beasiswa biaya pendidikan secara penuh.

5. Beasiswa Pendidikan Indonesia


Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) adalah program beasiswa Pemerintah Indonesia berdasarkan amanat Dewan Penyantun LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan oleh Kemdikbud melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) dan/unit-unit utama di lingkungan Kemdikbud yang didanai oleh LPDP.

6. Beasiswa Prestasi Akademik/Non-akademik


Beasiswa Prestasi Akademik dan Non-akademik adalah beasiswa kepada calon mahasiswa ITPLN yang memiliki prestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik yang dibuktikan dengan scan juara tingkat kota maupun provinsi. Beasiswa berupa potongan sebesar 20 persen dari biaya BP3.

7. Beasiswa Holding PLN


Beasiswa Anak Holding PLN adalah beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki orang tua sebagai karyawan tetap atau pensiunan PT PLN (Persero) atau anak perusahaannya yang dibuktikan dengan surat keterangan pegawai tetap. Beasiswa berupa potongan sebesar 10 persen dari biaya BP3.

8. Beasiswa Saudara Kandung Alumni IT PLN


Beasiswa Saudara Kandung Alumni ITPLN adalah beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki saudara kandung yang telah tamat atau menjadi alumni ITPLN (atau STTPLN) Beasiswa berupa potongan sebesar 10 persen dari biaya BP3.

9. Beasiswa Saudara Kandung Mahasiswa Aktif IT PLN


Beasiswa Saudara Kandung Mahasiswa Aktif ITPLN adalah beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiwa ITPLN yang memiliki saudara kandung yang sedang melaksanakan perkuliahan di ITPLN (mahasiswa aktif), dibuktikan dengan surat keterangan mahasiswa aktif yang didapatkan dari jurusan masing-masing. Beasiswa berupa potongan sebesar 30 persen dari biaya BP3.

10. Beasiswa JPNN (Jalur Prestasi Non-akademik Nasional)


Beasiswa Jalur Prestasi Non-Akademik Nasional adalah beasiswa kepada calon mahasiswa ITPLN yang memiliki prestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik yang dibuktikan dengan scan juara tingkat nasional Beasiswa berupa potongan sebesar 50 persen dari biaya BP3.

11. Beasiswa JPNI (Jalur Prestasi Non-akademik Internasional)


Beasiswa Jalur Prestasi Non-Akademik Internasional (JPNI) adalah beasiswa kepada calon mahasiswa ITPLN yang memiliki prestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik (gold medal) yang dibuktikan dengan scan juara tingkat internasional. Beasiswa berupa potongan sebesar 100 persen dari biaya BP3.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2355 seconds (0.1#10.140)